headerversi2

Thursday, September 20, 2007

seni..dilihat dan dirasain

Untuk memproduksi sebuah karya luarbiasa dibutuhkan usaha yang luar biasa juga (ya iyalah hehe). Walaupun pada akhirnya luarbiasa pun adalah relative, tapi untuk menghasilkannya tetap dibutuhkan detil dan kecermatan tinggi. Ketika tim dari LOKILAKI membuat background untuk game, ada sebuah pertanyaan yang saya sampaikan pada mereka,

Bener nih gambar kaya gini cuma muncul 1 (satu) detik ato jangan –jangan malah kurang dari itu??!
Mereka pun jawab enteng, “Yoi…”
Singkat, padat, dan sempat bikin tidak habis pikir.

Kemudian di kesempatan berikutnya saya coba membandingkan hasilnya dengan “background” yang biasa-biasa saja (terkesan asal jadi). Dan memang, ada sesuatu yang beda.

Ternyata benar juga, seni itu tidak hanya sekedar soal dilihat tapi juga soal dirasakan. Kadang detil itu tidak secara kasat mata terlihat tapi ketika detil itu dihilangkan, maka akan ada sesuatu yang kurang well, kurang mantap.
Sebage informasi, ada satu studio animasi Jepang yang sangat concern dengan detil, kalo diibaratkan music dia ngambil jalur music klasik. Coba lihat perbedaan dengan studio Gibli ini.

Mo cerita dikit tentang game yang kami bikin
Overview game The Rather Perilous Adventures of Nusa Newman ato Petualangan Agak Berbahaya Nusa Newman

Jurnal Nusa yang berisi info tentang konsep meriam diambil oleh Willem Van Besaar dan karena Nusa tidak mau diajak kerjasama, maka dia segera ditendang keluar kapal, dan kemudian terdampar di Pulau Tikus. Dia ingin menyusul Van Besaar yang menuju Batavia untuk mengambil kembali jurnal yang sudah dirampas. Untuk mendapatkan tiket kapal ke Batavia, Nusa harus menyelesaikan terlebih dahulu berbagai misi yang melibatkan banyak orang dan beragam persoalan. Cerita menjadi lebih menarik dengan adanya mini game di beberapa scene dan juga penjelasan hukum-hukum alam/fisika yang disampaikan dengan sederhana tapi mengena.


Buat diliat-liat…ini sebagian snapshot game hasil karya LOKILAKI (jumlah total scene 30 gambar, karakter 20), walopun belum secanggih Studio Gibli, tapi ya lumayan ok lah..dan sebentar lagi Insya44J akan mengguncang Indonesia dengan varian komik dan animasinya hehehe…

cover depan game


Nusa Newman dan Lois D'Impresa di hutan monyet


Nusa Newman dan Cak Nuris di dermaga

Nusa Newman di rumah paranormal Mbah Singo Putih

4 comments:

Anonymous said...

yg penting hak paten nya dah diurus kan mas? :)

Anonymous said...

Awas kena bajak...hehe

Anonymous said...

sip banged mas trie :)
sebage pecinta game, kapan daku dikirimi prototypenya heheheh...

Anonymous said...

tinggal sekarang dirasakan gameplay-nya :D
dante