headerversi2

Friday, September 21, 2007

salam...dan saling menyelamatkan

Kira –kira sudah lewat hampir sebulan saya dihubungi seorang teman seangkatan kuliah dulu. Setelah sekian waktu kita emang tidak pernah terlalu akrab, tidak pernah ber-hai hai ato ber sms ria, kemudian tau-tau dia nelpon..

“ Euy, haloo bos pa kabarnya nih?
“ Oyy, Alhamdulillah baik boss…pije-pije kabarmu?


Tidak banyak basa-basi berlanjut. Dia langsung ke point tujuannya.

“Eh katanya loe udah punya rumah makan 7 cabang ya? ? Gini nih…”

Walah isu bagus (do’a) darimana ini, tapi saya diem dulu tidak mengomentari apapun, saya nunggu penjelasan dia.

Aku mo nawarin sistem nih buat restoranmu…bla bla bla…”, panjang sekali dia cerita.
Temen saya ini disamping bekerja sebagai IT support di perusahaan asuransi juga punya usaha domain dan hosting. Dari ceritanya dia punya 8 server yang dia letakkan di beberapa tempat, sehingga dia meyakinkan bahwa dengan system yang dia tawarkan, “rumah makan saya” yang bercabang-cabang (doanya orang lo) akan lebih terpantau, teratur, ter-efesienkan lah pokoknya. Saya di moment itu hanya jawab dengan kata ya… ya… ya…bagus tuh, oke juga…dst.. Baru setelah semua penjelasannya kelar, saya ngomong ke dia.

hehehe…sori bos, kata siape tuh? Engga kok, ga bener itu! Nanti suatu saat deh moga-moga iya”

Di detik berikutnya saya menangkap sebuah nada kecewa di seberang telpon, setelah pamit telpon ditutup.

Selalu ada kejadian yang menyindir saya. Bahkan yang menimpa diri sendiri. Bener juga kata Tukul, segala yang kita lakukan adalah cermin yang akan selalu memantulkan apa yang ada di diri, apa yang telah dilakukan. Selama yang kita lakukan baik, maka kebaikan itu akan memantul di kita. Dan buruk? Tentu saja.

Kalo inget cerita di atas, saya jadi keinget, seringkali saya ini pun menghubungi teman cuma kalo lagi butuh, kalo sedang memerlukan bantuannya. Lewat dari itu saya jarang sekali ato mungkin malah tidak pernah mengulik-ulik nomernya (padahal teknologi murah seperti sms dah banyak!). Bahkan untuk bersay hai…assalamualaikum pa kabar, semoga semua baik baik aja..dst pun jarang.

Iya..itu emang basa basi, tapi lebih dari itu semua, hai..Assalamualaikum, apa kabar, adalah SALAM. Kata Cak Nun, SALAM adalah janji untuk saling menyelamatkan. Selamat dunia akherat. Mengapa demikian? Agar rahmat (anugerah Tuhan tanpa pilih kasih) bisa menjadi berkah (rahmat yang telah diorganisir, disusun, dan ditata) bagi semua. Aturan, AD/ART, dan lain sebagainya sesungguhnya dibuat dengan tujuan agar rahmat bisa menjelma berkah. Cara agar rahmat menjadi berkah adalah setiap hari kita harus meneguhkan salam. Diucapkan maupun hanya dalam hati. Itulah yang semestinya dilakukan bangsa Indonesia. Presiden mesti salam kepada rakyat. Anak salam pada orangtuanya. Suami mesti salam kepada istri, dst dst. Mungkin tidak harus tiap hari, kita tentukan saja sesuai proporsinya.

Dari sisi bisnis pun ternyata ada benarnya. Teman adalah jejaring rizki, dan network ini bisa menjadi networking (menjadi kata kerja) kalo dijalankan. Akhiran –ing dalam tindakan nyatanya (bagi saya saat ini) adalah memencet tuts hape, dan mulai menghubungi temen-temen saya, mulai bertanya apa kabarnya, bagaimana keluarga, dah punya istri berapa… eh… dah punya anak berapa hehehe…dst. Gambaran sederhana efek salam yang berkelanjutan, kalopun saya bener-bener punya restoran berjumlah ratusan pun, kemudian tiba-tiba teman lama yang tidak pernah ngontak, tidak pernah ber-hai-hai, tidak pernah ber-salam, menjadi sangat ramah, meminta sesuatu kepada saya, apakah saya akan menerimanya begitu saja? Wah ini juga belum pasti, tapi saya yakin intensitas networking akan sangat berpengaruh untuk memperlancar hal-hal seperti ini.

Jadi...
sudahkah kita punya keinginan untuk saling menyelamatkan? Berapa banyak manusia yang sudah kita beri SALAM…hari ini? Orang tua kita?

6 comments:

Anonymous said...

kalo mau lebih bernada "keduniawiahan"...
Teman adalah Non Liquid Assets ;)

Anonymous said...

apa bedanya ama non-tangible asset mas? :D
dante

Anonymous said...

Asslamualaikum Mas Tri...
katanya rejeki bisa datang dari mana aja bahkan dari tempat yg tidak pernah kita duga sebelumnya, termasuk dari teman (nyambung ngga komennya?)

Anonymous said...

Assalamualaikum mas. apa kabarnya?...tenang, aku gada maksudku nawarin apa2 kok, cuma nyapa ajah hehhe

Anonymous said...

Assalamualikum, mas Tri...

Bagaimana kabarnya?
Puasanya juga bagaimana???

-Iko-

dewi pras said...

Assalamualaikum...

Memang ya.. kadang kita suka melupakan orang2 yang secara ngga langsung org itu ngebantu kesuksesan kita..

Dan kadang kita juga lupa untuk sekedar menyapa.. ngucapin salam, selamat pagi, siang, sore dan malam (ko kaya lagu ya??? :p)kita seringkali nyapa karna kita lagi butuh.. sedangkan waktu kita senang kita lupa buat menyapa lagi.. :)