headerversi2

Wednesday, April 04, 2007

cari pembenaran ah..

Terus terang saya sendiri masih bertanya tanya sebenernya boleh ga saya bermain main dengan shio-shio gini. Soalnya yang oernah saya dengar agama saya ga membolehkan ramal2an dan prediksi kehidupan masa depan. Lalu saya nyari alasan yang paling pas untuk membenarkan apa yang saya lakukan. Ya sebage manusia saya perlu pembenaran2 terhadap langkah saya, dan saya ga ingin pembenaran yang ga berdasar apa-apa.

Tentang ramalan, ada yang pernah bilang kalo ramalan itu adalah sesuatu yang diprediksi, diperkirakan, yang belum terjadi. Barangkali nih ada berbage bentuk prediksi ato ramalan yang ada :

Yang pertama, Ramalan ilmiah. Jenis ramalan ini tuh adalah ramalan dengan berdasar pada berbage data-data empirik dan bisa dipertanggungjawabkan. Contoh paling jelas yang sering kita liat adalah prakiraan cuaca. Kondisi cuaca di masa depan diramalkan berdasar keteraturan sistem alam, yang berarti berdasar data2 empirik kan. Contoh ramalan ilmiah lain adalah prediksi umur jembatan ato rumah, ato bangunan lain yang diitung umurnya berdasar berbage data pendukung. Statusnya bisa bener bisa salah, tapi lebih banyak benernya.

Yang kedua, Ramalan Dukun.Ramalan jenis ini katanya ramalan masa depan yang dasarnya adalah bisikan makhluk2 gaib sekelas jin, setan, iblis dan se genknya. biasanya mereka-mereka ini (dukun,paranormal, dl) punya ritual2 khusus biar sesembahan mereka itu terpuaskan. Statusnya ga jelas! bisa jadi bener, bisa jadi salah! dan sungguh ini mendekati dosa besar!

Yang ketiga, Ramalan Wahyu. Nah ini dia ramalan yang statusnya pasti bener. Ramalan yang didasarkan pada kitab suci. YAng ngeluarin juga ga maen maen,yang punya seluruh hidup. Contoh paling jelasnya sih tentang ramalan hari akhir, surga neraka, kiamat, dan hari pemabalasan...

"...pada hari itu manusia seperti anai-anai yang beterbangan..." (QS 100:4)

Kejadian ini belum ada, tapi kita tentu meyakininya sebagai kejadian yang pasti.

Lalu kedudukan shio gimana?

Di buku shio yang saya baca ini,ada juga yang menyiratkan tentang ramalan masa depan, makanya saya hati-hati banget dan "cenderung" agak menjauhinya. Terus terang saya takut. Di postingan saya tentang personality sungguh hanya melihat sebuah karakter tanpa bermaksud meramal masa depan. Itu adalah kemungkinan-kemungkinan empirik yang berkaitan erat dengan ilmu psikologi. Jadi shio bagi saya hanyalah salah satu pendekatan untuk mendeteksi karakter, terutama karakter saya sendiri.

13 comments:

Anonymous said...

lha emang kenapa harus nyari pembenaran... lha wong udah bibit unggul dari sononya kok... lEBiH bAIk GeER dari pADa mindER...

Anonymous said...

saya juga minta ramal mas trie hanya untuk having fun aja. :D

mana kok blom dikirim ke email?

Anonymous said...

@Joni: hahaha, masih nunggu ya? Gua aja nunggunya sampe jamuren kekekekek. (ampun mas Tri...he.he..)

pyuriko said...

Kalo udh sekedar iseng2, sprtnya gk masalah ...

NiLA Obsidian said...

tergantung niat nya apa...kalo niatnya supaya warung kopinya tambah laku krn ada pojok ramal...ya syah2 aja toh? heuheuheu......

Cempluk Story said...

oiya mas,, saya juga minta diramal dunk ??^_^

mel@ said...

truss... kesimpulannya apa dong?... aku dapet ramalan freee plus bonus voucher gitu?... hehehe...

Anonymous said...

joni : siap mas joni, segera dikirim deh

de : wah dendam kie mbak ..wis gratis njaluk cepet hahaha

iko: setuju ikoo..

nila : laris manis tanjung kimpul,dagangan habiss duit habis :D

cempluk: la monggo dikirimin aja mas cempluk ke email saya, tapi sori nih kalo lama..hehehe

mela:ya wis aku kasih voucher makan bareng saya gimana hahaha...

Mashuri said...

untuk iseng dan sekali-sekali gpp,
apalagi ngisengin mas Triadi, boleh khan ya....

menurut Saya,

kekuatan serta keterbatasan dalam hal:

metode,
prasuposisi,
validasi,
struktur pemikiran,

merupakan entry point dalam melihat sebuah ilmu, termasuk ilmu pershio-an (kalo termasuk ilmu).

Dari sana, dapat dilihat sejauh mana keterlibatan aspek yang memungkinkan registrasi inderawi secara langsung.

Kalo keterlibatannya minim, berarti ranahnya metafisis...Sehingga, "ramalan ilmu pengetahuan" gak pas masuk sini.

Kalo validitas sangat tinggi (100%, seperti wahyu), maka berarti kebenaran mutlak, gak bisa dong dikatakan ramalan.

Karena menurut kamus besar bahasa Indonesia ramal itu sendiri berarti pasir yang dipakai untuk untuk melihat nasib atau mengetahui apa yang terjadi.......

Anonymous said...

ramalam blog:

sebentar lagi blog ada akan kebanjiran pengunjung :-D

Anonymous said...

wuihhhhh....ramal meramal nee yeee...ikutan dunk...(mau juga ah merdukun) hihihi

Anonymous said...

mashuri : wah sori pas ngepost saya ga buka kamus je, referensi kurang nih..tapi btw kok pinter banget sih mas mashuri ni..musti banyak berguru nih hehehehe

dodski : waduh banjirrrrr

wieda : yuuukkss

manler said...

ada satu lagi mas ramalan cuaca...:D
mempengaruhi banyak faktor juga loh, tapi kalo yang ini ga dilarang

*salam intip dari tetangga sebelah*