headerversi2

Friday, June 15, 2007

mulutku harimauku...


Dalam sebuah obrolan santai di warung kopi, temen saya pernah mewanti-wanti saya dengan pepatah yang bunyinya “mulutmu harimaumu”. Dalam bayangan saya muncul pertanyaan seganas dan semenyeramkan itukah mulut saya? Yah walopun lebar dan sedikit ndower tapi rasa-rasanya sih mulut ini ga pernah saya pake buat menerkam orang lain deh (rasa-rasanya!).

Dengan mulut saya ini, rasa-rasanya saya ga pernah nipu orang lain, rasa-rasanya saya ga pernah ngejek orang lain, rasa-rasanya saya ga pernah nyakitin orang laen, rasa-rasanya saya ga pernah berjanji-janji palsu, rasa-rasanya saya adalah orang yang hampir selalu baik dan benar seperti yang saya ucapin dulu waktu masih sering Pramuka. Yah rasa-rasanya…!

Tapi kemaren, skak mat!
Ah kamu suka janji-janji palsu sih! Kemaren katanya mau kesini eh taunya ga jadi, kemaren maren katanya mau nelpon eh udah ditungguin ga jadi juga. Pastinya sih hal-hal lain bakal kaya gini juga. Lama-lama capek juga deh denger janji-janji palsu!

Wakkkzz!
Kalo itu diucapkan di depan mata saya mungkin dia akan langsung ngeliat wajah saya yang seketika berubah jadi seperti kepiting rebus, jelek mbladhuzz. Tapi untungnya dia di seberang telepon, jadi saya sempatkan berdalih dengan “mulut saya”. Bla bla bla bli bli bli….mulut saya monyor monyor kesana kemari menari-nari mencari pembenaran. Dan saya yakin semua celotehan saya itu tetep tidak merubah penilaiannya terhadap saya. Walaupun dia mesam mesem tapi teep aja saya ngutuk diri sendiri! “Rasa-rasanya” saya ga pernah berjanji-janji palsu deh. Janji palsu kan dosa? Bukannya itu salah satu tanda orang munafik? Dan katanya orang munafik itu akan dimasukkan di neraka jahanam? Pesan yang pernah saya denger dari guru ngaji waktu masih kecil dulu terus terngiang-ngiang jelas di kepala saya. Tapi kenyataannya berapa banyak kemunafikan yang sudah keluar dari mulut saya ini? Berapa orang yang sudah saya kata-katai, berapa hati yang sudah lukai? Padahal katanya kalo hati dah luka, susah sembuhnya…Wah ngeri saya…

Karena “rasa-rasanya” saya benar, adalah subjektifitas saya sendiri. Walaupun subjektifitas yang tepat sasaran sesekali perlu untuk menumbuhkan kreatifitas, tapi seringya justru salah penempatan. Saya lebih sering berubah menjadi makhluk yang sangat egois untuk “rasa-rasanya” jadi seorang yang selalu benar dalam banyak situasi, yang lain salah. Dalam hal ini saya setuju kata AA Gym, “Bisa jadi saya benar, orang lain belum tentu juga salah, ato orang lain salah belum tentu saya benar, dst. Intinya dalam kenyataan banyak banget peluang ketidaktentuannya, kebelumpastiannya (bahasanya itu lo..:P)

Yang lebih parah , saya sering menggunakan privilege “manusia bisa khilaf” dengan seenak udel saya sendiri, sesering mungkin.

” Wah emang udelmu sering kamu cicipin apa? Emang bener enak?”
“Cicipin gundulmu itu yang aku gigitin!”

La iya, tenyata saya kadang butuh pembenaran untuk setiap kejahatan saya, baik disengaja maupun tidak disengaja. Walopun mungkin tidak merubah catatan di Lauh Mahfuz sana, tapi dengan sedikit pembenaran entah kenapa saya jadi bisa tetep survive. Saya jadi tidak terlalu larut dengan rasa bersalah tak berkesudahan. Iya saya salah, waktu itu saya khilaf, dan saya ga mau terulang lagi.
Saya jadi lebih optimis menjalani hidup, jadi tidak putus asa, dan saya masih merasa Gusti Allah ngasih kesempatan, ngasih waktu walo sedikit buat memperbaiki diri.

Bahwa saya harus hati-hati dengan mulut ini sepertinya akan indah kalo jadi bahan materi hidup saya. Karena mulut saya ini rupanya makhluk kanibal yang bisa berubah lebih ganas dari harimau yang bahkan tidak memakan anaknya sendiri (kecuali harimau murtad kali ya). Mulut ini kalo ga dijaga dia bisa menerkam siapa saja, apa saja tak terkecuali temen terdekat ato bahkan keluarga sendiri.

Kata temen saya, “ Ya udah ganti aja pepatahnya, Mulutmu kanibalmu”.

NB: Makasih buat “temen berarti” saya yang selalu ngingetin dengan caraya sendiri. Maafin aku yah. You’re amazing nice gal!!

Seven Things yang diucapkan laki-laki ketika “menghindar janji” dengan pacarnya :
1. Sayang, sebenernya aku bener-bener pengin jalan ama kamu,tapi mamaku minta dianterin nih! (…hati-hati dengan laki laki seperti ini, lebih baik cross check langsung ke mamanya-kalo berani)

2. Duh say, badanku lagi ga enak nih, kepala berat banget, bawaannya lemes aja (..hati-hati coba liat program2 acara tipi Anda, ada ga yang lagi nyiarin bola?)

3. Sori nih, kerjaan lagi numpuk, dedlen mepeeett (mending cek setengah jam kemudian, kalo hapenya mati bisa jadi dia serius, tapi kalo masi hidup berarti…co anda yang bodo!)

4. Wah aku besok UTS nih, kayanya ga bisa nganter belanja deh. (mending cek transkrip nilai pacar Anda, kalo nilainya “baik2 saja” jelas ini cuma alasan, kalo jelek…segera putusin mumpung punya alasan hehehe)

5. Wah motornya lagi dipinjem omku nih, lama deh kayanya…(telp lagi-(jgn ke hape) seperempat jam kemudian. Pokoknya jangan kasih dia kesempatan bener2 tidur)

6. Duh maaf sayang, aku lagi ada perlu nih sama temen-temen kantor (sebaiknya pastikan Anda segera tahu siapa “temen-temen” ato “temin” yang dia maksud)

7. Wah mobilnya lagi masuk bengkel nih! (nah nah.. kalo ini alasan klasik co kere, terserah Anda, mau diterusin apa engga…)

12 comments:

pyuriko said...

Btw, tujuh janji itu gak biasa mas tri pakai kan???


hehehehe...

Lidah memang tak bertulang...

Amelia Dewi said...

hahahahahaha 7 things nya sangat bermanfaat ^_^

lagi suka bikin list 7 hal ya mas ??

Maya said...

ehm ehm..pengalaman pribadi nih?hehe..tapi setuju,kita emang kudu hati2 dng yg namanya mulut ini, suka keblablasan soale hehe

Yuki Tobing said...

heheh, mantap 7 thingsnya.. tapi saya gak make 1 pun dari alesan2 itu.. hahah.. jujur saja laahh..

Anang said...

kaya iklan aja nih.. hehe

naDhiN said...

mat pagi....

cayo aja dech:)

editya said...

setuju lidah itu gak bertulang makanya mulut itu kalo ngomong seenaknya dewe,

Anonymous said...

klo di dunia blog mah diganti lagi mas, jarimu harimaumi, hehehe...

elly.s said...

waduh...mulutku juga mungkin udah menyakiti orang banyak....
ampuni aku Tuhan...

Anonymous said...

sekali-sekali khan boleh ya....he..he...he...

Anonymous said...

halah,, iklan banget..

btw, itu singa, bukan harimau.

Anonymous said...

mas trie.. gambarnya kok singa yang mulut nya menganga?? wah.. ini kebohongan publik... masa harimau disamakan dengan singa!! :p