headerversi2

Friday, June 22, 2007

Entrepreneurship

(trend, pilihan hidup, takdir atau epos?)

yang bikin kopi : DANTE
mas dante kayanya pengin mbagi pengalaman hidupnya nih..:D

Bosen dengan urusan kerjaan, saya baru saja jalan2 ke Gramedia, lumayan, menurunkan tekanan darah, mengurangi kram otak, dan eitsss...tiba-tiba cewe2 manis dengan celana harajuku melintas dan sungguh mereka emang provokatif...(hmmm…wanita)...
trus saya melirik-lirik barang2 yang didisplay..ufh, barang lama cuman teknik majangnya aja yang digeser-geser, ya udah, mending naik ke lantai 3 buat liat-liat buku baru...

Nyampe di lantai 3, ufh, the harajukus udah nangkring di bagian komik...tapi saya tidak tertarik untuk melakukan aksi flirting, saya muterin daerah buku2 best seller, hmm, agak tersentil ama maraknya buku yang bertema encouraging oneself untuk menjadi mandiri....saya emang ga melakukan survei kuantitatif, tapi berdasar feeling aja, kalo ga salah dalam 3 taun terakhir trend buku mulai mengarah pada pembentukan pribadi2 mandiri, yang dibahas mulai dari sisi psikologisnya, seperti serial chicken soup, ampe bagian bisnis sehingga istilah entrepreneurship kayaknya jadi kata yang mulai biasa disebutkan oleh lidah kita...gejala ini juga memunculkan tokoh2 penyebar semangat macam Purdi E. Chandra dengan enterpreneur university-nya(mastrie ga asing tentunya), atau kemudian pembicara2 ulung macam Tung Desem (Mister dahsat :P), Jaya Setiabudi, dan mungkin “nabi” baru Robert T. Kiyosaki yang terkenal dg 4 kuadran (derajat!) kehidupan manusia....

Saya sendiri adalah seorang self-employee kalo berdasar klasifikasinya Mr. Kiyosaki menurut temen yang ngikut pelatihan “rich dad poor dad” terlisensi, jadi saya blom boleh ngaku sbg biz owner-wah!
Memang hebad Mr. Kiyosaki ini, sampe bikin orang lain ga bole menjuluki dirinya sendiri, hehehehehe....

Sedikit cerita kilas balik, saya pengen berbagi cerita bagaimana saya berada di main stream trend buku2 hari ini: bisnis mandiri. Mungkin cerita ini ga jadi heroik kalo gw memulainya tidak cuman dengan modal dengkul. Trigger-nya ketika saya mengikuti sebuah seminar sekitar taun 1999(di mana buku2 mr. Kiyosaki blom diterjemahkan pokoknya, hehehe..), yang isinya adalah sambung rasa beliau para teknokrat yang akhirnya banting setir jadi pedagang (saya ga suka istilah bisnisman, hehehe). Di sana saya kepikiran untuk ga “jual ijasah” alias melamar kesana kemari jadi pegawai setelah lulus ntar, karena menurut formula hitung2an dari para speaker bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang minimal 10% penduduknya adalah pengusaha.. *Ting* saya langsung inspired mau jadi pahlawan Indonesia yang memberi solusi bagi bangsa ini atas penciptaan lapangan kerja..*yuuuhhuuuu*..dan gagasan ini memaksa diriku untuk menjadikan bisnis mandiri sebagai wacana pilihan jalan hidup pasca menyelesaikan kuliah.

Lalu cerita berlanjut, studi tetep gw lanjutkan, alhamdulillah tetep banyak A-nya, trus penelitian sempet didaftarkeun dapet paten, lalu di ruang sidang sarjana para penguji saya menawarkan opsi untuk melanjutkan studi lagi sekaligus sukur2 bisa melanjutkan penelitianku..tapi ceuk urang (kata saya), “ngga pak, saya mau nyari duit, negara menunggu saya segera berkarya,”ciee....*plok-plok-plok-plok-plok*....

Setelah semua seremonial kampus selesai, baru saya sadar bahwa menjalani wacana usaha mandiri ga gampang, bahkan setengahnya mustahil bagi saya yang sekolah saja butuh beasiswa karena saya memang ngga datang dari keluarga yang berlebihan secara materi, dan PNS, bukan pedagang...Mau mulai dari mana? Modalku apa? Lalu sempat saya menyerah dengan gagasan saya untuk tidak menjual ijasah, sehingga saya mulai nglamar-nglamar pekerjaan, dan *dhuss* setelah menghadiri interview selalu jadi kandidat terbaik, tapi entah kenapa selalu ada halangan di tahap terakhir..entah telat, entah gagal medical checkup, entah ga punya duit pas ada panggilan akhir(!), akhirnya saya frustasi....sampai saya bertemu dengan teman2 yang lebih tidak beruntung dalam hitung2an kesempatan dan capaian. Di sinilah saya memberanikan berkolaborasi dengan mereka di sebuah kesempatan memasuki dunia adu cepat kendaraan. Ternyata kami bisa membuat sebuah capaian-yang menurut saya- luar biasa, kami berhasil menjadi team implementasi sebuah standar nasional baru soal pengukuran waktu. Kami harus menentang para penguasa dunia balap Indonesia yang menikmati status quo standar lama...uphhh, kepanjangen kalo diceritain detailnya di sini...

Tapi dari pencapian itu membuat saya sadar, saya sudah maksimal di dunia balap dan saya masih punya Pe eR terhadap diri saya sendiri tentang bagaimana menjadi mandiri secara karya....keluar saya dari dunia hura-hura adu cepat, saya beruntung bertemu dengan seorang pedagang yang mengajarkan beberapa tips bisnis bagi pemula yang Nol Besar seperti saya, “business is all about trust building”, “duit itu cuma catetan,” “kalau mau bisa renang ya harus berani basah alias nyemplung, jangan cuman main di pinggiran kolam...itu cara nglakoni bisnis,” dan lain-lain...makasih oom dah “menampar” saya biar melek............

Cerita berikutnya saya dagang kaos...alhamdulillah, sempat mengguncang pasar tshirt pesanan di Batam..tapi lagi-lagi karena pemula, kami ga sadar bagaimana mempertahankan market...ga paham segmentasi, branding, kelewatan momentum, modal yang belom sempat ngumpul, dan diserang dengan persaingan begitu banyak pelaku, bisnis itu akhirnya hanya bertahan 2 tahun....

Lalu banting setir bisnis sekitar graphic design, berpartner dengan sahabat terbaik saya(hobinya fotografi, kalo mau liat foto2nya ada di www.flickr.com/photos/yellowsunday, hehehe)....pas pindah jalur inilah mulai deket dan ngobrol sama mastrie(biar blogger yang lain ngerti, bos)..ceritanya sama, sempat menguasai pasar, menjadi trend setter, tapi karena terbatas pemahaman tentang karakter pasar dan menejemen SDM, lewatlah modal partner-an yang puluhan juta itu...wah, padahal itu adalah amunisi terakhir... setelah dengan darah, keringat dan air mata dibangun selama 3 tahun, ternyata malah muncul betrayal dari dalam tim... lalu saya sempet limbung dan hampir aja putus asa, sampai saya memutuskan sebulan penuh liburan di Bali, ga kerja, hanya bersenang-senang bareng temen-temen baru dari manca(sssttt...ini karena ada subsidi liburan dari teman), dan membiarkan bisnis saya menuju satu kepastian: kebangkrutan berikutnya......

Di Bali saya banyak merenung....pokoknya ketika temen2 sedang asik motret2 objek wisata dan ngobrol sama pemandu2nya, saya biasanya menyendiri..dari aksi menyendiri itulah saya seperti sedang meditasi dan mencoba menemukan jawaban2 atas semua hal yang saya alami.

Di perenungan, awalnya saya protes sama yang “bikin skenario” atas hidup saya (Alhamdulillah, saya masih memegang keyakinan saya bahwa hidup ini berjalan bukan sekedar kehendak perut kita, tapi ada Invisible hand dengan Divina Comedia-nya mengatur jalan kita), kenapa saya diberi jalan yang beratnya minta ampun..saat temen2 saya udah mulai panen, saya malah bangkrut....Lalu saya dengan PeDenya “berhitung” dengan “beliau”...”Ya Gusti junjungan saya, saya itu memulai bisnis ini dengan niatan baik, mbuka lapangan kerja, untuk membuktikan janjiMu bahwa rejeki itu datang dari 8 penjuru arahMu(sukur2 termasuk pahlawan bangsa ini..)..saya bisnis itu Insya Allah ndak pernah melanggar hak2 temen2 yang mbantu saya-kalaupun pernah saya minta maaf dan muga2 itu bukan dengan kesengajaan-...trus saya bisnis itu ya udah nyoba pake ilmu, ga sekedar grudak gruduk...tapi kok ya diuji sampe titik yang sekarang.....mbok saya diberi kemudahan dalam nglakoni ini semua....” *dhuss* pokoke saya ngerasa ga tau harus ngapain setelah ini semua...kecuali satu...pulang dari Bali saya berketetapan apapun caranya saya harus bisa makan dengan otak dan keringat saya sendiri...

Yah lagi-lagi, keberuntungan masih selalu hadir di sela-sela kerja sporadis saya (karena masih berani menolak lamaran beberapa rekan untuk jadi menejer di beberapa tempat), dan yang menurut saya paling penting adalah karena orang-orang terutama inner circle masih mempercayai saya dan masih memberi semangat dan kesempatan, “Dan, kamu baru saja melewati kilometer pertama dari sebuah kejuaraan lari 10-K, dan setelah finish entar, ente masih kudu ngikuti kejuaraan-kejuaraan berikutnya,”(thx, pep) ...singkat cerita, saya berhasil mendirikan bisnis saya dengan modal duit sisa beberapa rupiah, saya sukses mengekskalasi omzetnya jadi beberapa ratus kalinya di tahun ke dua, walau saya pun masih punya kewajiban harus membayar hutang2 saya masa lalu, jadi saya masih tetep harus banyak “puasa” hehehe...dan saya lakoni semua itu hari ini dan muga2 dagangan yang sekarang seterusnya awet.....

Nah, sebenernya dari titik inilah kemudian saya cukup heran ketika baru saja kemaren, tiba-tiba beberapa temen(herannya lagi kok ya waktunya berdekatan, seperti janjian...) datang dan meminta “petunjuk”, “kalo gw keluar dari kerjaan gw sekarang, loe mau ngajarin gw bisnis?” karena saya tau persis betapa yang saya lakoni ini sangat tidak populer bagi para mertua...(karena saya dan mastrie pernah punya pengalaman sama soal calon mertua...hahahahaha...)ketika tingkat ketidakpastiannya sangat tinggi, resiko yang lumayan bikin adrenalin memuncak eh, kok malah pada mau ngikut.....

Saya sempet tanya, “emang bukannya enak bergaji puluhan juta sebulan, ga nanggung resiko macem2, di mana2 dapet garansi dan jaminan....” dan lebih mengejutkan lagi adalah jawaban mereka yg macem2 tapi kurang lebih ada persamaannya, ”kayaknya kamu memilih jalan yang gue banget”, whatever..... saya belum tahu kelanjutan dari obrolan sama temen2 di atas, tapi saya cuman mau kembali mengomentari buku-buku baru itu dan bertanya pada temen-temen yang baca tulisan saya ini dan kepikiran untuk mandiri, sama kayak temen-temen saya tadi:
“....so, masih pengen jadi entrepreneur?”

“Only those who can see the invisible can do the impossible” (makasih, mas Jaya)

21 comments:

Anonymous said...

keliatannya emang enak jadi entrepreneur ya? tapi saya ga berani. kurang tough, hehehe...dulu pernah beberapa kali nyoba bisnis kecil2an, api gagal mulu...hiks...

Anonymous said...

makasih pak dante atas motivasinya.... :)

Anonymous said...

full half, half empty....
dante

Anonymous said...

eh...half full, empty half...kekekekeke

Anonymous said...

terlepas trend ato engga, yang pasti secara kuantitas dah tambah banyak, dan pstinya semakin banyak orang belajar jadi tambah pinter juga...

mas dante ini senengnya skeptisss..:P
bikin novel aja deh..

pyuriko said...

Mas,.. semoga usahanya berjalan lancar yaaa.....


Kalo boleh tahu, apa artinya Yang Buat Kopi Dante?

Anonymous said...

#iko#
yang buat kopi maksudnya itu yang nulis iko...:D

Anonymous said...

Jadi, disini ada 3 orang yg menulis yaaa.... maaf baru tahu :D

Jadi yg punya usaha sampingan ini bukan mas Tri yaa, tapi mas Dante??

Yaaa, semoga usahanya lancar2 yaaa.... sama kenal Om Dante... :D


-Iko-

Manda La Mendol said...

Berarti mas Dante sugih.....

Anonymous said...

he-eh...kalo dibuat novel, bakalan keren.. tapi bener tuh komentar setengah isi setengah penuhnya...kalo menurut gw sih, itu bukan skeptis..tapi merendah yang keterlaluan, hahahaha..sukses selalu mas....

Anonymous said...

he-eh...kalo dibuat novel, bakalan keren.. tapi bener tuh komentar setengah isi setengah penuhnya...kalo menurut gw sih, itu bukan skeptis..tapi merendah yang keterlaluan, hahahaha..sukses selalu mas....

Bude Judes said...

Wadow dowone mas. Jik onok ta kaos sisa bisnise? Aku njaluk. :P

Maya said...

hehhe sebetulnya dalam usaha apapun,katanya kuncinya cuma satu, jangan menyerah, karena katanya lagi , when you give up you dont know how close you are to success. btw,napa ga jadi flirting ma harajuku nya hehehe :d

Anonymous said...

apa hubungan mas dante dan anonymus....di atas? he..he..

Laksono said...

pertama, dante iku sopo? ket biyen durung kenal aku :D

kedua, pingin pisan dadi entrepeneur tapi masih punya masalah je mas masih punya masalah " takut tidak punya uang :) belum bisa bebas

Cempluk Story said...

trims motivasi nya n info nya..be an enterpreneur..semoga saya bisa menjadi spt itu..amin..salam kenal buat mas dantee.

Fatah said...

Ingin berbagi kisah :
dulu aku juga pernah punya semangat wirausaha loh ! apalagi pasca ikutan GREENLEAF *Sekolah Calon Pengusaha Muslim*

Tapi entah kenapa setelah itu saya sudah 3x berturut-turut mencoba berusaha tapi selalu gagal ! rencananya mau nyoba yang ke 4 tapi berhubung seluruh anggota keluarga menolak, akhirnya terpaksa deh puasa berwirausaha dulu, sampe sekarang :(

Anonymous said...

Saya sepertinya salah kamar comment di sini. Tapi apa boleh buat, pak dante "memaksa" utk comment. Menurut saya, ada garis-garis hidup yang telah ada dan berlangsung saat ini (mungkin kaya di film dejavu nya denzel washington). Masalahnya kita gak pernah tahu lelakon apa yang sedang kita jalani. so, keep on fighting.....

Anonymous said...

Menjadi seorang entrepreneur adalah pilihan yang tepat bukan sekedar suratan takdir. Konon kabarnya Entrepreneur kebanyakan berawal dengan keterpaksaan, katanya mereka ; "cari kerja sulit, coba-coba dan lumayan daripada mengganggur lama-lama".
Jadi jangan kaget kalo bisnisnya mereka sulit berkembang, karena dikelola setengah hati.

Anonymous said...

Menjadi seorang entrepreneur adalah pilihan yang tepat bukan sekedar suratan takdir. Konon kabarnya Entrepreneur kebanyakan berawal dengan keterpaksaan, katanya mereka ; "cari kerja sulit, coba-coba dan lumayan daripada mengganggur lama-lama".
Jadi jangan kaget kalo bisnisnya mereka sulit berkembang, karena dikelola dengan setengah hati.

Unknown said...

yen aku masalahe mung pengen golek urip, Nang....! dudu golek duit!