headerversi2

Thursday, November 08, 2007

Jockie S. dan tentang hal yang "menggerakkan"

Saya senang sekali, kemaren blog saya kedatangan salah satu kibordis Indonesia favorit saya, Mas Yockie Suryoprayogo (nama bekennya Jockie S.), kibordis band legendaris God Bless, Gong 2000, Kantata Takwa dst (apalagi mas? Hehe). Sekarang sepertinya menjadi budayawan dan aktif di dunia maya. Katanya sudah setaunan bapak satu ini aktif di dunia blog. Kalo mau liat, klik disini. Ato mungkin Anda lebih tahu tentang mas jockie, tuliskan di wiki ini.

Hehehe jadi inget banget ketika SMU (melangkolisnya keluar gini) masih sering ngeband dan ikut festival-festival an antar pelajar. Hampir selalu yang jadi lagu wajib adalah lagu-lagu God Bless kalo engga Gong 2000. Timur ke Barat? Semut Hitam? Nama-nama itu, Ian Antono, Ahmad Albar, Jockie S., Dony Fatah sudah pasti nempel banget di ingatan. Ngulik lagu-lagu mereka, bahas gaya maen mereka, ck ck ck…band legendaris tuh! Saat rock murni adalah trend, merekalah rajanya! Mereka adalah pelopor yang sanggup “menggerakkan”. Pertanyaannya adalah kekuatan apa sebenarnya yang bisa “menggerakkan” banyak orang? Selain musikalitas yang tinggi tentu saja.

Saya baru tahu dari wiki kalo God Bless sendiri udah mule ngeband dari tahun 1973! (NB :Tapi disitu disebutin kalo mas Jockie sendiri adalah mantan personil?). Bahkan saya belum lahir, mereka dah ajeb-ajeban ngeband! Konsistens-integritas! Kata yang cepet banget diomongin, tapi kata inilah yang selalu sulit kalo dikompromikan dengan waktu. Konsistensi sepertinya kata yang linier dengan waktu. Tak akan pernah cukup dengan 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, 10 tahun? Seumur hidup barangkali ukurannya. Kalo ada mas Jockie saya pengen nanya ini ah…

Satu hal lagi yang saya salut dengan musisi ataupun band legendaris adalah persoalan menjaga keutuhan tim. Nge- band sama halnya berpartner dalam bisnis ato apapun adalah masalah bermain-main dengan ego personilnya. Saya sendiri masih terus belajar dalam hal ini, bagaimana seharusnya mengatur dinamika ego, kapan harus kenceng kapan harus kendor. Dan tidak pernah mudah. Kalo saat ini, di bisnis yang masih baru ini, saya masih yakin laporan keuangan lebih bisa menyatukan pandangan pemilik (yang juga pengelola) tentang apa yang harus dilakukan daripada sekedar visi misi muluk-muluk nun jauh kedepan. Nah kalo di band apa ya? Setelah 2-3 album, band biasanya mulai pecah. Slank? Dewa 19 yang mreteli satu satu? Peterpan yang hanya bisa bertahan “utuh” di album ke dua? Sheila on 7 yang mulai jenuh? Dan masih banyak lagi yang lain.

Saya jadi ngomong tentang band karena Mas Jockie ini. Mas Jockie yang dulu salah satu rocker favorit saya ternyata tidak benar-benar hilang, beliau ternyata masih berkarya. Silahkan dateng kesini untuk mendengarkan lagu-lagu indahnya. Dalem, kontemplatif. Adakah sekarang lagu-lagu seperti ini?

Untuk berjalan sejauh itu (jejak para legendaris itu), saya masih punya keyakinan tidak ada lompatan waktu. Kata mas yellow di komennya, sepuluh ribu langkah selalu dimulai dari satu. Kalo kata om dante untuk buat garis haruslah dimulai dari titik.

Komen mas Jockie selanjutnya adalah :
“Si anak manggut tanda mengerti dan setuju : langkah satu awal itu sudah dimulai atau belum pak..? koq kita ngga liat apalagi merasa diajak..?”

Kalo saya akan menjawab,
“Alhamdulillah satu langkah sih sudah pak, dan memang belum bisa ngajak siapa-siapa soalnya lagi sibuk nyelametin diri sendiri dulu nih pak!”

NB :Alhamdulillah kami sudah maju satu langkah. Tim kami berhasil masuk sebagai finalis lomba ini, cek di kategori konsep animasi. Semoga kami mendapat kesempatan dibayarin ke singapurnya (juara 1)...amiin

4 comments:

Anonymous said...

mas,kendo kenceng iku keniscayaan..jadi, kalo pake rumus seven things gaya mastrie,mungkin versi saya akan begini:1.yg ga bole putus adalah rasa percaya 2.yg tetep kudu punya "pemimpin" 3. yg di"pemimpin"kan juga kudu sadar bhw fungsi "pemimpin"ini adl utk pas deadlock aja,bukan digunakan tiap saat,ntar jadinya tiran. 4. yg semua kudu sadar bhw masing individu anggota adl manusia merdeka yg "punya hidup"nya masing2, jadi perbedaan adl keniscayaan 5. yg ga bole bosen mencoba hal baru 6. yg ga bole"terlalu"-catet!- berorientasi pasar(penjualan album,ketenaran pribadi,makanan media)7. yg kudu tetep sadar bhw hebad,terkenal,kaya raya,tetep akur iku bagian dari "garis hidup" seperti jodoh, rejeki, dll..yg bisa kita usahakan ya berusaha secara konsisten..itu saja..hasilnya?hanya sejarah yg bisa tau.....
hehehehehe...ya ngga mas Jsop?
dante

Bude Judes said...

wah selamaaaatt. ikut seneng nih. semoga juara ditunggu traktirannya

Yusuf Alam Romadhon said...

selamat ya mas TRi
tahun 1973... saya baru nongol di dunia mas.. 22 - 10 - 1973
mereka udah pegang gitar manggung ...

Anonymous said...

Anda bisa berdialog dengan mas Yockie di multiply. Alamatnya :

http://jsops.multiply.com. Beliau akhir2 ini sering ada disini. Orangnya baik dan tidak sombong

Salam

TP