headerversi2

Friday, November 23, 2007

Siapa bilang ide itu mahal?!

Alhamdulillah 3 hari yang melelahkan selesai sudah. Memang kalah, cuma dapet juara dua, tapi kami mungkin dapet lebih daripada sekedar sebuah kemenangan. Dapet ilmu baru, pengetahuan baru, dan juga jaringan baru! Ah ya, kenalan banyak orang yang tadinya cuma saya denger namanya di majalah, tivi ato internet. Akhirnya kemaren bisa ngobrol, tuker-tukeran kartu nama, moga bisa berlanjut nanti. Pusat segala kegiatan komersil emang Jakarta. Saya makin ngerti mengapa temen saya ngotot nganjurin pindah kantor ke Jakarta (walo saya masih belum mau hehehe). Pikiran konvensional saya masih bilang ongkos sosialnya terlalu besar, ya polusi gila gilaannya, ya macetnya, ya yang ruangan harus ber AC, ya yang…kesimpulannya adalah banyak ga enaknya! Tapi harus saya akui kesempatan disana emang banyak banget. Sambung menyambung, klik kanan, klik kiri, jadilah.

Hari pertama. Nyiap-nyiapin stand pameran, setelah selesai pengin muter muter, jadinya stand malah banyak ditinggal. Ikutan seminar hari pertama, yang ngisi Anang (music), Wahyu Aditya (animasi), Dana Riza (teknologi fim), dan dari matahari studios.

Ketemu sama yang punya Indo.com, salah satu dotcomers Indonesia yang survive saat keruntuhan dotcom dulu. Tadinya saya ga ngeh siapa orang ini karena saat seminar dia sibuk ngutek-ngutek control panel di webnya. Saya baru tahu setelah dia nanya-lebih tepatnya ngasi usulan pada pembicara-pembicara di depan. Bapak satu ini mungkin bisa dibilang termasuk pioneer di bisnis dotcom indonesia. Ketika bisnis dotcom belum banyak di negeri ini, dia sudah sangat sadar bahwa bisnis IT butuh venture capital (bukan bank). Nyoba nyari-nyari modal dari luar, nenteng-nenteng sendiri perangkat internet dari Singapura. Sempat juga ikut bikin Astaga.com. Dari ngobrol sama beliau, dapet banyak pengetahuan baru. Ada kisah menarik ketika beliau presentasi di Intel, yaitu saat beliau harus menandatangani surat yang menyatakan bahwa apapun ide yang beliau sampaikan, yakinlah Intel sudah memikirkannya. Jadi kalo suatu saat Intel memproduksi barang tersebut, yakinlah itu adalah murni hasil pemikiran Intel. Ck ck ck…arogan ya keliatannya, membuktikan selusin ide sebenernya seharga 1 dolar! Satu catatan, bukan sekedar ide yang dibeli para pemodal ventura.

Ketemu sama wahyu aditya – kdri pas dia ngisi seminar hari pertama. Bisa ngobrol di bangku belakang baru di seminar hari kedua saat pembicara dan topik seminar ga asik, mbosenin. Menariknya, ternyata saat ngisi seminar maupun ikut jadi peserta seminar dia selalu malah browsing, chatting. Ya opo pak :D. Nanyain gimana lomba yang dia ikutin. Siapa aja kompetitornya di Indonesia. Gimana industri kreatif di London sana, trus perkembangan industri kreatif di negara-negara lain. Satu catatan, bukan sekedar ide fresh yang orang inggris (british council) cari, tapi sekalian juga tenaga kerja handal dan murah.

Sebelah kita berdua ada Anang. Sayang ga bawa krisdayanti hehe. Semangat banget bapak satu ini kalo ngomong bisnis kreatif. Harus saya akui anang adalah seniman yang distinguish. Orang pintarnya dunia musik. Vokal abis, banyak protes, baik saat jadi pembicara maupun pas jadi peserta. Memperjuangkan musisi negeri ini dari berbagai pelosok dalam import musik. Tren jual lagu nantinya adalah bukan album, tapi jualan tiap lagu. Ide menjual lagu digital bukanlah ide baru, myspace sudah memulainya dengan sangat sukses. Walo mungkin jadi produk me too, tapi anang merealisasikan ide itu, di Indonesia. Hal itulah yang mahal. Menolak tawaran menggiurkan ketika krisdayanti mau diboyong ke Amerika. Satu catatan, nasionalismenya cukup tinggi.

Ketemu pak budiono, pemrednya detik.com. Ngajak beliau ke stand trus minta tanggapan tentang beberapa game kami, salah satunya game online yang sedang kami buat. Beliau mau ngenalin kami ke orang yang bisa tau game ini (game online kami) bau duit apa engga, trus gimana strategi game online nya, dsb. Satu catatan, ide bikin produk dengan ide jualan produk adalah dua hal yang berbeda, masing-masing punya porsinya sendiri-sendiri. Ide menjadi mahal ketika dua ide tadi bisa direalisasikan dan sinergis.

Ketemu siapa lagi? Banyak banget, dan bahkan dah ada yang indent produk kami (padahal baru versi beta 1.0). Asik kalo saya bilang. Pengin pameran lagi! Hehe..Saya jadi inget film (judulnya lupa) yang cerita tentang Steve Jobs pas bikin pameran tunggal untuk produk Apple pertamanya. Hmm..kapan ya bisa pameran tunggal? 1 ato 2 Tahun ke depan?? Yukkk!

8 comments:

Lita Uditomo said...

selamat jadi juara 2, mas..

saya serius tertarik dengan game online-nya tuh, mas..

Anonymous said...

congrats mas trie...
maju terus pantang mundur!

Anonymous said...

juara opo to mastrie

Anonymous said...

*plok..plok..plok

dante

Anonymous said...

selamat ya mas... inget tetap rendah hati ya...semoga sukses (tulus nih bukan basa-basi) ikut senang mendengarnya.
trus kapan ki traktirane (halah pancet)

Anonymous said...

Hoi hoi hoi
Kapan kita lanjutin lagi gamenya?
Kapan divisi game akan terwujud?
Mau dooong...

梁爵 said...

2020.05.16酒店小姐的基本介紹跟工作內容如果妳沒有接觸過酒店這八大行業,【酒店經紀梁曉尊】我在酒店上班的日子相信包括妳在內,很多人對這行業的第一個想法一定是:「酒店裡面酒店小姐一定有S?一定是龍蛇混雜,裡面 八大行業是哪八種行業呢?的人都是黑社會吸毒!打架、暴力脅迫女生陪睡…」等等電視上看來的畫面。
其實這跟【酒店經紀梁曉尊】所接觸的職場須知 【酒店PT 】酒店的實際情況有很大的出入。梁曉尊在酒店這行業已經有多年的經驗,到是從來沒有在如此黑暗的酒店工作過,或許妳聽人說到「酒店打工的小姐,如果客人看上了酒店小姐想帶小姐出去,公司就一定會強迫小姐出場!」而事實上就算是十幾年前的老酒店業也很少有這個情況更不用說當今Google資訊如此發達的年代,而且酒店小姐的來源幾乎掌控在酒店經紀人的情況下,如果有酒店以如此方法對小姐施以逼嚇之手段,一定會讓酒店經紀人對這家店嗤之以鼻,為了保護旗下小姐,沒有人會帶經紀小姐去那種店上班,酒店當然不會笨到為了一個小姐出場強迫小姐做她不想做的事而導致店方得罪酒店經紀人,沒有經紀人要帶小姐來這家酒店,導致這家酒店沒小姐來吸引客人,沒客人的結果就是關門大吉!
所以酒店小姐出場的方式皆是小姐的個人意願,客人想要帶小姐出場時,訪檯幹部都會問清楚客人要帶小姐去哪裡並告知小姐,只要小姐不想跟客人出去,酒店沒人能逼妳!有些酒店規定小姐出場只需陪客人到客人想去的地方,也不可能要求小姐跟客人出去就一定要S。
當然也會有小姐因為想賺取更多的收入,而跟客人私下交易自已接S,這就屬於小姐個人行為了。所以酒店小姐到酒店上班出場接S完全屬於小姐個人之行為,不必擔心說到酒店上班就一定要出場或接S的。
畢竟酒店是酒店,客人來酒店消費是要談生意、應酬、好友聚會高興一下!要的是喝酒微醺後忘記煩惱的感覺,如果他只是想解決生理問題,說真的大陸妹還比較便宜呢!!
如果妳要來酒店上班,梁曉尊是建議妳是要思考三點:
1.妳心理準備好到酒店上班了嗎?很多人誤信(也可能是自己騙自己帶著僥倖心態)網路/報紙上店家或酒店經紀人所刊登的廣告說:「免喝酒輕鬆月入數十萬…」。而事實上天底下沒有這麼好的事,如果真的免喝酒,輕輕鬆鬆就可以月入幾十萬,那我想要來酒店上班可能要抽籤決定妳有沒有這個福氣呢!!酒店經紀人也不用為了酒店一直缺小姐而努力應徵小姐的。再來是要說明一點,酒店雖說沒有這麼複雜,但是畢竟是客人來尋歡的地方,很多男人抱著花錢是大爺的心態竭盡所能在言語上汙辱妳、毛手毛腳,以灌妳喝酒為樂的客人也大有人在,這些都是酒店小姐工作上所需面對的,妳心理上做好準備了嗎?
2.有沒有找到真正專業又正派的酒店經紀人?雖然酒店這行已經透明化,不會讓妳上班時感覺像是被賣掉一樣,但是網路/報紙上偶爾還是出現有不肖酒店經紀人用毒品、放高利貸等等方式來控制小姐的新聞事件發生!所以妳有沒有找到一位正派的酒店經紀人是妳要入這行的一個重要起步!再來就是妳找的酒店經紀人有沒有足夠的酒店經驗及專業知識或者可以透過Google搜尋經紀人名稱是否有相關事業,這是妳尋找酒店經紀人有沒有能力幫妳處理事情的關鍵所在!如果妳的經紀人只會帶妳上下班、送飲料、幫妳領檯費,其它的一問三不知,就算是他人再好,我們還是要為了自己早日賺到錢脫離這行來著想,所以趕快換個經紀人吧!
3.了解自己適合哪種性質的酒店!基本上酒店可分為禮服店、便服店、制服店三種,其中的禮服跟便服都是不脫的,制服店才有在脫衣服跟秀舞。如果妳的條件不適合便服店就不要去制服店;明明是適合上便服店的條件,就不要硬要去制服店上班。
好好跟妳的酒店經紀人溝通,雖然便服店的尺度小,但是對於外貌身材是有一定的要求;而制服店雖然賺得比較多,但是妳也要尺度有到那。了解自己,明白酒店性質,跟酒店經紀人好好聊一下,妳才可以在酒店工作的這段時間裡如魚得水!。

梁爵 said...

八大職缺-酒店打工種類與坐檯內容(酒店上班|紓壓會館)

「禮服酒店」:
酒店應徵禮服店較適合無經驗的新人,而且沒有秀舞。
穿著以緞面、合身、開領、無袖的短禮服為佳。
工作內容以包廂氣氛熱絡為主,強調與客人間的互動,如唱歌、喝酒、桌面服務等(我們有專文提到)。
商務客層約占6~7成。不像便服店的條件要求相對較高,也沒有便服店「拚框」的競爭壓力。
「便服酒店」:
便服店的商務客更多,所以酒店工作公關們都非常自律,會用心投資自己與經營客人,也是各方面要求最高的酒店類型,除了體態、臉蛋高標準外,也講求談吐與手腕,公關彼此競爭激烈,生存難度相對較高,而坐檯模式與禮服店相同。
「制服酒店」:
制服店的消費客層較年輕也多元化,各式各樣的客人都有。
在制服店雖然不需要亮麗的外表,但酒店工作公關們妝感比較濃厚,制服以性感兩截式爲主,包廂服務強調主動與炒熱氣氛,客人作風比較親切、直接。
「紓壓會館」:與酒店工作不同的是,舒壓會館都是「一對一」在包廂內幫客人按摩。
因特有「預約制」,所以每位「舒療師」會培養自己的特色來增加客源。
另一優點是【不用喝酒、上班時段彈性、早班客源充足】等,在上班20天的情況下,不包括小費,基本薪資大約都在15萬以上。
服裝儀容
專業設計師打造彩妝、美髮造型,著風格時尚禮服。
註:台北市生意最好,但相對高房租與高消費會「吃掉」快3、4天的坐檯薪資。
<酒店小姐身體的負擔>:酒店職缺不能用上班族眼光看待,雖然可以自由排班,但身體狀況會影響上班天數,常態是一周上3~5天,但5天就夠累人了,尤其不會閃酒、又愛拚酒的公關來說,連續上4天之後可能就醉個1~2天。
喝酒熬夜是常態(生意好的時段在22~02點),與客人敬酒是禮貌,陪客人喝酒玩遊戲是「酒店小姐坐檯基本功」,遇到酒桌雖然可以婉拒,但相對減少上檯機會,所以喝酒是無法避免的(我們另有閃酒專文)。
酒店的「職業災害」如:客人在包廂狂抽菸(呼吸道問題)、空腹喝酒或混酒(腸胃問題)、穿高跟鞋扭傷、腿部撞傷瘀青等等(包廂空間有限、燈光不明亮容易撞到桌角)。
雖然可以自行掌握薪水,不想體力負擔大就一周上2~3天、想多賺點錢就上5~6天,這可以解決很多人的財務困難,若有急需也可協商「日領」。但酒店打工也像臨時PT班,沒上班就斷糧。有些公關月薪可以拚到10~20萬,那是取決於節數高低與身體狀況。
<酒店公關心理的負擔>:
酒店薪水雖然多,但環境容易吸收負面能量,如姊妹生活壓力下大哭、客人酒後失態粗魯、兄弟打架鬧事、幹部言語壓力等等。
除了面對有奧客會毛手毛腳外,所承受客人負面情緒的壓力更大,尤其部分奧客覺得「花錢就是大爺」,交談中充滿了輕蔑與不對等。長期接受負面能量也可能衍生心理疾病,所以找到正確的紓壓管道是必要的。
:
有些人對公關印象總是「沒讀書、私生活混亂」等負面標籤,不理解酒店的人往往是以「憐惜」來看待小姐,有些人只會口頭勸說「這行業不好」,卻沒提供其他實質選擇,她要怎麼離開呢?會到酒店工作的女生,原先選擇就有限,不是說走就可以轉身離開,然而真的離職只會產生更多問題,這些做不到的口號與建議就容易成為負擔。
:
有道是「歡場無真愛」,在酒店環境認識的戀人,9成以上沒有好的結果,但在此工作背後的空虛,總是讓女生迷惘,誤以為可以找到下半輩子的託付。
為何酒店公關容易與客人談感情(兄弟客與商務客)?因為自己的工作內容不好向外人說起。
加上與「兄弟客」的處境大多相似,同樣身不由己,可以互相體諒、視線也平等一些,所以容易走在一起。
而商務客總是想來「教育」或「念」公關,「幹嘛做這工作」等等,有時擺出高高在上的姿態來「說教」,即使與商務客熱戀且對方出手大方讓妳離開酒店,但雙方長期相處的不平等,加上男客忘不掉公關的酒店經驗,很容易成為分手的理由與藉口。
:
雖然八大與多數世俗道德界線牴觸,但業內多數人只想賺錢過生活,並無意傷害其他人。
而酒店坐檯不只是取悅,有時也撫慰客人的心靈,而服務人心的工作永遠不簡單,酒店工作是份專業,這份專業同時也接住許多經濟困頓、別無選擇的女人們,希望在夜生活裡掙扎求生的女人們,也可以抬頭挺胸、安心地生活著。
:
酒店高收入可以解決經濟壓力,但伴隨而來的負擔,需要在入行前想清楚,或是遇到疑惑、困擾時多找支持網路協助(如經紀人、家人、姊妹)。