headerversi2

Saturday, February 24, 2007

kopi baru di warung kopi mas trie

Ada novel grafis, ada cerpen grafis, dan kalo ada NGRUMPI GRAFIS ya ndak papa kan?

Gimana kalo Saudara mendoakan biar warung ini bisa terus eksis di belantara jagad bisnis tanah air, sukur-sukur nanti bisa bikin frenches buka cabang sampe luar negeri. Yah nantinya kan bisa jadi komoditas produk asli dalam negeri yang membanggakan tanah air ngalahin warungnya si ini nih.
Ini yang jaga warung…

Karena itu biar perkembangan warung saya ini tambah yahuddd, saya nyoba nyari nih penyandang dana, istilah kerennya sih investor. Saya tawarin beberapa temen saya dan seperti biasa mereka sih manggut manggut aja. Bagus…bagusss.., tapi duitnya ga keluar. Walah! Akhirnya ketemu juga! Saya ketemu bapak satu ini, seorang bisnismen property yang handal, licin, oportunis, sedikit kemaki, sok tahu, seneng menggurui dan tentu saja mata duitan. Hidungnya ga pernah berhenti nyium peluang manis. Ternyata dia mencium bau duit yang lumayan dari warung saya, makanya pas saya tawarin buat jadi investor WARUNG KOPI MAS TRIE, langsung aja dia manthuk manthuk, dan tentu saja duitnya ikut ikutan manthuk ga seperti temen saya yang letoy itu.…bagoozz bagooozz!!
Sebut saja namanya Mister DOIT (doyan duit)

Lirik sana lirik sini, dahi mengkerinyit, geleng geleng kepala, sambil terus cengengesan pastinya. Seharian penuh dia sengaja nongkrong di warung saya ngamati perilaku konsumen dan proses bisnis yang saya jalankan. Segalanya dia teliti, mulai dari daftar menu saya, dapur saya, cara saya menyajikan dst..dst.

“SALAH…SALAH…SALAH! Ga bisa begini!!”
Waduh saya jadi serba salah. Saya diprotes kalo saya selama ini salah memaknai bisnis makanan. Saya yang kampungan ini tentu saja jadi tambah bingung.
”Kamu harusnya tahu kalo bisnis itu konsepnya adalah MELAYANI, memberikan hati kita dengan sepenuh hati. Kamu bikin warung ini bukan hanya sekedar buat jualan,muasin diri sendiri, tapi kamu harus bisa membahagiakan orang lain. Sebisa mungkin orang seneng, orang akan bahagia, orang akan selalu merasa terkesan setelah makan ato minum di warungmu ini”, mulutnya nerocos manyun kesana kemari dengan gaya kemakinya.
”Hwaduh..jangkrik ki dipisuh-pisuhi”, dalam hati saya. Mulai deh gaya mengguruinya keluar.

”Kamu tuh bikin warung bukan buat dirimu sendiri aja, tapi juga buat orang lain. kalo kamu buat kopi ya ga bisa saenak udelmu sendiri. Ga bisa dong kamu kasih kopi kenthel sama orang yang pengen relaks, pengen santei setelah seharian ngutek utek kerjaan. Ato masakan yang kamu buat ini kok sepertinya hanya muasin lidah kamu dan ga peduli lidah orang lain! Kopinya terlalu monoton , terlalu kental, terlalu berat, ga membumi, ga ngepop. Coba dikasih alternatif kopi yang lebih ringan napa? Yang sekarang ini masih terlalu berat! Ini nih yang salah dengan proses melayani. Sekali lagi, melayani adalah memberikan hati kita untuk kebahagiaan orang lain. Camkan itu!”

Saya ndak bisa ngomong apa apa karena itu saya manthuk-manthuk aja jadinya.

”Kayanya kamu harus ganti setting nih, coba ganti deh menu utama kamu, kopi kamu nih ramuannya ga cocok sama tempatnya, mbok coba divariasi. Bahkan aku liat branding warung kopimu ini ada yang ga bener, ga konsisten. Ga asik! selama kamu ga bikin kesan khusus buat pelangganmu, bikin perbedaan, dan konsisten tentang warungkopimu ini, maka bisnis ini ga akan bisa bertahan lama. Orang ga akan mengasosiasikan warungmu dengan apapun!”

Walah branding ni makanan apa yak? Bedanya ama brondong apa sih? Tambah bingung saya. Tapi saya seneng juga dijanjiin nanti bakal dikasih ”petunjuk” sama dia, diajarin pelan pelan. Ya sebage penggiat ekonomi walopun kecil kecilan gimanapun saya ngerasa ikut bertanggung jawab mendorong bangsa ini biar jadi lebih kompetitif. Lumayan lah bisa ngurangin angka pengangguran, ndak ra Saudara?

Oiya nanti saya mo juga perkenalin ke temen-temen semua, selain Mister Dante ada para penggiat warung saya yang suka bercerita, ngobrol segala macam tentang fenomena hidup, tentang dunia, fulitik, ekunumi, budaya dan bahkan ada yang sok spiritual, bijaksana dan ada juga yang sambil bermistis-mistis ria. Waduh!

Makasih buat MAS ROY yang udah mau nambahin beberapa karakter dan memfinishingnya. Selanjutnya detil tentang mereka akan dibahas di postingan selanjutnya. (mungkin nanti akan ditambah warna deh biar lebih mantabbbhhh, ndak ra, Saudara!!).

7 comments:

atiya said...

sukses buat warung kopinya ..
btw kbiasaan paijo kok sama kek aku yah? senengnya mbetulin kacamata (hahahaha)

Anonymous said...

mas, mas...saya minta mocacchinno satu, ada ndak? hihihi...

Mashuri said...

Mottonya:"MELAYANI DENGAN HATI"

Makan gak makan, minum gak minum orang yang berkunjung tetep ngasih duit.

Bude Judes said...

Tag line nya: sekarang gratis besok bayar..eh kebalik ya..

NiLA Obsidian said...

huaaa...hebaattt euy...dah punya investor...semoga warungnya berkembang sesuai dg bisnis plannya....

semoga bisa nyaingin starbuck...!!

Anonymous said...

mas..mas..mbok ya'o ada iklan rokoknya, biar ga ngapa2 tetep ada yg mbayari...trus, kopinya pake robusta apa arabica? kopi laki apa kopi betina? di steam apa di squeze? wekekekekekekek..inpestor tenan aku yak?
-mas inpestor-

Yusuf Alam Romadhon said...

Tag line kopi barunya... "tuangkan hatimu secara grafis...di gelas grafis ini"... salam kenal mas Tri