headerversi2

Thursday, February 22, 2007

Teman saya dan ide (Seri I : IDE)

Saya punya teman, Sebut saja untuk sekarang Mister Dante. Dia seorang yang sangat sangat cerdas, jenius bisa jadi malah. Mungkin menjadi agak berlebihan ketika ternyata segala hal dipikirkannya, mulai dari masalah remeh temeh sampe dunia jagad raya dan segala isinya ini pun tak luput diutek utek sama otak nakalnya. Otaknya yang terlalu cair itu (bahkan sungguh secara fisik pun iya) ternyata membuat ide dan gagasannya menjadi canggih.. Ya,di otak anehnya itu terselip ide-ide orisinalitas dan kalo saya bilang sih bolehlah dikatakan sophisticated. Selalu mencoba melihat sisi-sisi lain yang kadang nyengit, menjengkelkan, nakal tapi kebetulan bisa jadi itulah kenyataan sebenernya yang tidak dilihat oleh kebayakan dari kita. Kuncup-kuncup otak saya kadang megar-megar sendiri kalo dia sok nyambung- nyambungin hukum kesetimbangan kima dengan dunia fulitik,ekonomi, ato teori Newtonian yang njlimet itu dengan hubungan suami istri. Dan sungguh lo emang ada hubungannya tuh, trus pie?? Anda pernah liat rumus fisika anjing gila? Bolehlah sekali kali anda tanyakan sama dia...:)


Saya sendiri penasaran sebenernya gimana cara dia bisa memproduksi ide dan gagasan tiada henti? Iseng-iseng dia saya paksa untuk mampir ke warung saya dan sedikit mencicipi cemilan dan klethikan warung saya ini. Saya paksa dia juga untuk membuat blog sendiri dan menuangkan ide/gagasan canggihnya itu di blog, tapi (sekali lagi) dengan sangat kemaki-nya dia menolak bahwa belum saatnya dia menulis, akan ada saatnya nanti. Tapi dengan mode memaksa lagi (kebiasaan saya nih..hehehe), saya minta dia jadi penasihat spiritual blog saya. ”Hmmmm...boleh...boleh”, katanya dengan mimik wajah kemaki lagi (hahaha..sori bos!). Akhirnya mulai saat ini saya punya tandem nulis nih. Moga-moga jadi tambah well, sophisticated, original dan brilian tentunya.

Bicara original ini nih yang agak sulit. Mungkin saja di dunia blog ini, dunia ide bergerak dengan sangat cepat tanpa henti. Setiap hari, setiap menit, setiap detik, tanpa kenal musim, tak kenal cuaca apalagi batasan ruang dan waktu ide adalah sesuatu yang niscaya. Di dunia blog saya tanpa sadar mengeruk banyak kekayaan ide. Apakah anda sadar anda punya satu kekayaan yang luar biasa?

Tapi sungguh memcari ide orisinil ternyata tak pernah mudah, ato bahkan tidak bisa? Bahkan temen saya itupun menegaskan pada saya “nothing new under the same sun”. Di era saat ini, tidak ada yang baru di muka bumi. Bahwa yang katanya saat ini adalah hasil orisinalitas ide, percayailah itu hanyalah sekedar CATATAN-CATATAN KAKI (kata om Wiki). Pengulangan-pengulangan dari ide-ide sebelumnya yang mencoba diartikulasikan dengan bahasa yang berbeda. Bahagianya AA Gym secara substansi sepertinya sama dengan bahagianya Gede Prama, tapi secara bahasa bisa jadi berbeda. Titik tolak yang dipakai pun mungkin juga berbeda. Peristiwa banjir yang terjadi di Indonesia akan ditanggapi dengan respon yang berbeda-beda. Satu topik beragam persepsi, beragam gagasan, dan tetep saja adalah pengulangan-pengulangan ide sebelumnya.

Anda sudah membaca koran hari ini? Bagaimana cara anda membaca? Anda membaca cermat-cermat sambil sesekali misuh-misuh dengan perilaku “diri kita” sendiri ato anda hanya menscanningnya tanpa perasaan apa-apa?? Sekarang sempatkan cari koran koran jaman dulu dan bandingkan dengan berita yang sekarang? Apakah anda menemukan perbedaannya? Bukankah secara substansi berita koran jaman sekarang dan jaman dulu itu sama?. Bad News is a Good News?

Yes! Satu, berita dari media yang salah satu contohnya koran adalah sampah Begitu banyak ide yang mampir ke otak kita (Tentang politiknya, tentang ekonominya, tentang segala tetek bengeknya yang sebenernya ga diperlukan otak kita) dan karena kita tak bisa mengolahnya, mau ga mau ya berakhir jadi sampah di otak kita. Tapi bukankah kita menyukainya sampah? Kedua, dunia koran dan media adalah salah satu bentuk artikulasi dunia ide yang tentu saja adalah pengulangan-pengulangan ide sebelumnya. Ga ada ide yang murni orisinil tanpa terpengaruh persepsi ide lain.

Kata Pareto (copy paste aja yang lebih pinter), ”Idea is a new combination of old elements”....

Memang sekali lagi, ga ada yang baru di dunia ide. Jadi temen-temen blogger silahkan menulis apapun ide atopun gagasan yang berkerlingan di kepala anda, coba temukan kombinasinya, pasangkan satu dengan yang lain, lihat celahnya dan temukan hal yang menarik disana. Mungkin suatu saat Anda akan tersenyum dengan temuan IDE BRILIAN milik Anda sendiri.

5 comments:

Maeasti said...

Kalo kata mas Khalil Gibran, setiap manusia akan memandang langit yang sama dengan cara berbeda

Ga nyambung yakk, tanya om Plato saja :P

Anonymous said...

jangan posting yang susah dicerna gini, napa? otakku lagi ga bisa diajak kerja sama iki lhooo...hiks...

Anonymous said...

buat yang merasa tulisan gini susah dicerna, saatnya anda menilik selera anda: apakah anda penggemar musik dangdut? ato penikmat infotainment 7x sehari..ato seorang yang sewot ketika listrik padam karena hujan deras di jam tayang sinetron kesayangan?
bangsa ini butuh lebih banyak orang yg ber"olahraga" dengan otaknya..
-dante-
orang yang disebut2 :D
sorry kalo gw jadi agak narcis

Anonymous said...

ni orang pasti orang GEMINI yak!!!!



:P:P

Manda La Mendol said...

"Idea is a new combination of old elements”

Kalau jeli bisa aja sumbernya dari meniru atau njiplak, lalu diutak-atik ...trus diakui jadi Ide Brilian !

Walahhh melanggar etika nggak ya Om Dante ?