headerversi2

Tuesday, February 06, 2007

Selamat Datang di NARCISM ERA!!

Ada sebuah artikel yang saya kutip dikit, secara garis besar gini “Nostradamus banyak ngomong tentang ramalan masa depan, bencana, perang, banjir dan sebagainya. Tapi dasar yang dia gunakan tak benar-benar akurat. Baru kemudian Mister Andy Warhol (Bapak Pop-isme) datang dengan ramalan yang lebih presisi, ” Di masa depan, setiap orang akan menjadi terkenal dalam 15 menit!”

Ini jadi hampir jadi sebuah kebenaran ketika majalah TIME ngeluarin Person of the Year 2006, yaitu.............ANDA!, bukan Jos Bus yang dua kali kepilih itu, ato bill gates, ato bono U2, ato tokoh-tokoh dunia persilatan lainnya ...
Tapi ANDA lah kini tokohnya!!



Person of The Year, terlepas dari segala kontroversi tentang parameter pemilihannya saya pikir adalah salah satu bentuk cara penokohan, penggambaran tentang seorang yang dianggap memiliki integritas, memiliki sesuatu pencapaian yang luar biasa, , yang bisa menggerakkan, yang bisa mempengaruhi, yang bisa ”MERUBAH” lingkungannya. Dan ternyata seorang PAHLAWAN BARU telah lahir dan kini itulah...ANDA!

Pahlawan waktu kecil saya personifikasikan sebagai super hero, hasil karya persepsi media dan imajinasi saya sendiri. Saya kadang membayangkan menjadi Superman yang bisa terbang, bisa ngilang, dan juga bisa berubah bentuk jadi apa aja. Ato kdang jadi batman, kadang jadi sepiderman dst. Pahlawan yang saya bayangkan barangkali adalah sebuah bentuk kesempurnaan yang melindungi begitu banyak kelemahan diri saya. Saya lemah makanya saya cari super hero yang kuat, saya ga pinter makanya saya cari superhero yang pinter, saya ga cakep makanya sekalian saya cari yang kuat, pinter sekalian cakep (hehehe), pokoknya saya merasa aman selama superhero itu berada di samping saya.

Menginjak dewasa saya cari superhero yang sedikit lebih realistis, saya hobi baca catatan biografi tokoh-tokoh, terutama bisnis sama politik, dan tentu saja mengoleksinya. Iya...dari sana saya coba mengidentifikasi diri sendiri Dari berbagai karakter yang ada, saya coba membanding-bandingkan, siapa sih yang paling sesuai dengan karakter saya. Saya coba ngukur kemampuan diri sendiri, sampe seberapa kuat, seberapa jauh ya saya bisa seperti mereka. Tentu saja kadang-kadang saya membayangkan ada di posisi mereka.

Saya pernah mengidolakan Onassis yang seorang pengusaha sukses, negosiator yang handal, tapi makin lama semakin saya cari, ternyata hidupnya ga bahagia-bahagia amat, keluarganya hancur berantakan, dianya seneng maen perempuan. Wah ill feel deh…Ato seorang sukarno yang katanya putra fajar, dengan segenap kelebihannya ternyata akhirnya banyak mengecewakan saya.

Begitu juga beberapa tokoh lain yang saya idolakan di awal ”perjumpaan saya”, pada akhirnya banyak yang mengecewakan saya.

TIME seperti ngingetin bahwa era YOU TUBE adalah era dimana orang bisa sangat terobsesi dengan dirinya sendiri, banyak orang ingin ”menunjukkan siapa dirinya, banyak orang ingin terkenal, dan Pak Andy Warhol mengamininya (15menit cukup kok). Apalagi ditambah dunia audioblog, weblog, videoblog, dan seterusnya dan setrusnya, Saat ini”, banyak orang ingin eksis,......menjadi NARCISS!!

Ga papa deh, toh NARCISM bagemanapun adalah bentuk pembelaan terhadap sisi-sisi kepahlawan dari diri kita, kita berhak kok menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri dan ga perlu cari pahlawan lain yang ternyata banyak ngecewain kita...HUH...!!

WELCOME TO THE NARCISM ERA!!

12 comments:

Anonymous said...

Kebebasan untuk berekspresi, kebebasan untuk memilih jalan hidup adalah sebuah pilihan sadar. Terlalu mahal untuk ditukar dengan persepsi dan anggapan-anggapan bodoh tentang isi dunia. Berjalan, berlari, sesaat berhenti, berjalan lagi sambil terus berusaha mendapat kebebasan menikmati hari demi hari karena kehidupan sepertinya menjadi lebih indah kalau kita bebas untuk berbahagia...

hehehe...jadi, soal blog saya yang cemen dan 'ga penting banget idenya', gmn? apa kabar kebebasan untuk berekspresi?

salam :)

mel@ said...

alhamdulillah... setidaknya orang narsis seperti aku bisa diakui... hehehe...

NiLA Obsidian said...

narsis itu bagian dari hidup, sudah mendarah daging dan mendarah tulang....
makin kesini lebih banyak cara lewat berbagai macam media utk mengekspresikan diri....jadi unsur utama dalam diri manusia yg kadang terpendam atau malu2 untuk mengakui lebih mudah mecuatkan diri....

tinggal 'kadar' nya saja yg wajib di kontrol oleh masing2 pribadi....
kelewat batas kan bikin 'eneQ' org....pengen nimpuk pake sendal...ato pake gelas kopi? heuheuheu.....

elly.s said...

Hidup narsis!
welcome to our gank bro!

Maya said...

hehe ada yg bilang , narsis boleh asal gak berlebihan, karena katanya sesuatu yang berlebihan itu suka gimanaaaaa gitu :d:p

Anonymous said...

hidup narsis!!! saya narsis ga ya?

Anonymous said...

Mungkin kebanyakan org yg narsis itu org yang dengan tingkat percayaan diri yang tinggi...

Jadi, mending PD drpd minder...

editya said...

narsis itu perlu lo apalagi kalo orang gak ada muji kita...jadi narsis diperlukan he3

Alma said...

hore...hidup narsis!! ternyata buanyak ya orang narsis!!hehehe

Amelia Dewi said...

hidup narsis ^_^

Anonymous said...

entah kenapa, setiap lagi nyante2 di warung kopi ini, ada aja postingan yang bikin aq berdecak, "keereeeeennnnnn....."

mungkin karena tulisannya berdasarkan fakta kali yah.

btw, narsis gapapa lagi. lha wong aq juga narsis ko :D hehehehe

Anonymous said...

tulisan2 hebad d blog ini karena dilandasi bakat yg emang hebad, ato keran curhat yg terhambat secara hebad karena kekurangan wkt bersosialisasi (!) ato karena narsisme yg hebad? :P

salud bro
dante