headerversi2

Saturday, March 17, 2007

Horoskop bukan ramalan!

Ada sebuah mainan yang dulu sebenernya pernah diulik bareng ma temen-temen. Buku ini berwarna merah tentang Horoskop China. Sori gambarnya ga sempet dipotret. :D.
Dulu, saya sendiri ga terlalu ngeh karena saya emang ga terlalu percaya sama barang barang kaya gituan (horoskop, astrologi, weton primbon dst dst). Tapi sekarang ini kenapa saya jadi gatel buat ngulik ngulik lagi lebih dalem?

Saya ternyata termasuk manusia yang selalu penasaran dengan Personality. Saya penasaran sama diri saya sendiri. Saya tertarik menyelami karakter khas, potensi, kelemahan dan seluk beluk kepribadian baik yang nyata maupun yang tersembunyi dari diri saya. Ilmu tentang personality bagi saya selalu menarik untuk dipelajari. Tak terkecuali Horoskop China inilah.

Ini bukan ramalan tentang masa depan!!
. Tapi ini adalah tentang bentukan dasar manusia.
Ketika dulu saya sangat males dengan barang kaya gini, ternyata saya sudah menafikan sebuah ilmu. Astrologi, horoskop, ato permainan yang sejenis ini bagemanapun adalah sebuah ilmu yang sifatnya bebas nilai. Ilmu itu tidak pernah ngenal kata dosa, dia adalah sesuatu seperti halnya pisau yang bisa anda gunakan sesukanya. Anda gunakan buat ngiris bawang ato Anda gunakan buat bunuh orang ya terserah Anda sendiri to?

Khusus horoskop china ini, saya baru nyadari kalo “permainan ini” adalah sebuah ilmu yang sangat luarbiasa. Gimana engga? Ilmu ini telah mengalami riset selama ribuan tahun, melewati proses uji, Iterasi berkali kali dan kumpulan database tentang karakter dan kepribadian berjuta-juta orang. Permainan ini adalah hasil ketekunan luarbiasa dari sebuah bangsa besar (yang bahkan Kanjeng Nabi Muhammad pun menganjurkan kita belajar disana??). Kalo ilmiahnya mungkin inilah barangkali yang dikatakan sebage kekuatan database. Bukan sekedar igauan ato sejumput ide yang berkembang tanpa dasar.

Kalo dipikir sedikit ilmiah mungkin sederhananya gini, ketika seorang manusia mbrojol lahir ke dunia, dia pasti terpengaruh segala sesuatu yang ada di alam ini, ada udara sebagai dunia yang berbeda dengan rahim saat itu, angin, gravitasi matahari, gravitasi bulan, ato pun gravitasi bumi itu sendiri. Bayangkan gravitasi bulan sendiri bisa mempengaruhi laut yang seluas itu berubah ubah punya pasang surut, nha gimana kalo manusia yang “selemah” itu? Apa efek yang ditimbulkan dari seluruh gaya yang ada di alam ini? Ketika kita lahir?

Seseorang adalah khas. Tidak ada yang manusia ideal! Selalu ada kelemahan di antara kesempurnaan seorang manusia. Dan selalu ada kesempurnaan dibalik kelemahan seseorang.
Seorang J.S. Bach adalah seorang “kerbau” yang memiliki kreativitas luar biasa. Tapi kreativitasnya lain. Dari unsur-unsur yang membentuknya dia bukanlah seorang kreatif pencipta genre baru, tapi dia dengan kreativitas khususnya “menyempurnakan” sebuah genre yang sudah ada menjadi satu kompisisi musik baru yang sangat luarbiasa. Seorang Soekarno, Soeharto, Amin Rais, Presiden SBY, ato beberapa tokoh yang iseng-iseng kami ulik juga, ternyata dari dasar bentukannya memang diciptakan menjadi seorang yang “tidak biasa”. Bentukan dasar itu mungkin telah mereka sadari tanpa mereka harus belajar horoskop hehehe. Para tokoh itu mungkin telah mengerti diri mereka sendiri sejak dini, bagaimana memperlakukan potensi, emosi, atopun kelemahan diri mereka, untuk kemudian berstrategi dalam hidup sehingga mencapai ukuran sukses. Lingkungan tentu saja tidak dapat dinafikan. Bagaimana sebuah lingkungan mampu memfasililitasi potensi potensi yang ada di diri masing masing orang itu?

Semakin dalam saya belajar horoskop China ini, saya mudah mudahan jadi sedikit terbantu mengetahui sedikit hal tentang karakter dasar diri. Saya cukup beruntung dikelilingi temen-temen yang cerdas dan sangat jago menganalisis. Ya! karena buku itu tetep butuh analisa mendalam dan kekuatan analisis saya sih ga akan nyampe sedalam itu deh. Lewat tangan temen saya, mau ga mau harus percaya tingkat presisi yang cukup tinggi dari ilmu horoskop ini.

Mungkin ga penting bernarsis-narsis ria dengan hasil “terawangan” horoskop saya. Potensi diri bisa dikatakan sebuah amanah. Dengan bentukan dasar saya itu, saya hanya mengemban amanah. Saya tidak dianjurkan mengemban amanah di luar bentukan saya. Karena kalo saya pengin jadi orang lain katanya saya akan capek. Kalo bahasa Pulo Coelho –dalam The Alchemist- ya tugas saya adalah menyelesaikan LEGENDA PRIBADI saya. Ada satu clue penting dari diri saya yaitu ternyata saya ga bakat JADI PRESIDEN!! Hahahha.

Saya tidak dikaruniai “keberuntungan hadiah”. Mungkin judul yang diberikan Gusti Allah sama saya adalah tetep harus “BEKERJA KERAS”.

Anda penasaran dengan diri Anda, Saudara? Ga percaya horoskop? Bolehlah iseng iseng kirim tanggal/bulan/tahun lahir dan jam lahir anda ke email saya kalo Anda penasaran. hehehe…Dan sungguh ini bukan RAMALAN masa depan apalagi jodoh!!

14 comments:

Anonymous said...

JANGAN JADI PRESIDEN! JANGAAAANNN!!! kita buka warung kopi aja. kalo sepi, kita abisin sendiri kopinya, hahaha...

Anang said...

setuju sama venus.... abisin aja kopinya sendiri hahaha.. konyol

Gumi Angga said...

jadi presiden president taksi aja,,, hhahahah...

woy... masa dr yusuf alam ramadhan nyangkain aku suka ma mas tri?? hahahah parah... meleset ya??

eh mas... aku minta diramal di blog aja lah,,, gak usah ke imel
Angga Bhuana Putri, 9 Maret 1984 lahir pas subuh,,, senin kliwon...
ya sekitar itulah...
mohon ramalan bagusnya dipajang diblog,
ramalan jeleknya, bilangnya kapankapan aja... hahahah

NiLA Obsidian said...

presiden warung kopi .....
boleh juga....hahahahaha

saya percaya fengshui...karena itu ada ilmunya..."back to nature"

kalo sesuatu yg ada penjelasannya secara logika saya percaya....

psssttt....coba judul buku yg lengkap dan terbitan mana...(hehe)

Bude Judes said...

yo wis tak kirim lewat ym wae he..he..

Anonymous said...

hehehe.. jadi penasaran juga.. mau2 dihoroskop sama mas trie. ;)
tapi kalo jam lahir tepatnya aku agak lupa, tapi kira2/mendekatinya tahu.. aku kirim ke email ya.

Mashuri said...

wow horoskop...Ilmu China Kuno.

Yang pas harus pake tanggal, bulan, dan taon China, ya?

Saya juga sempat baca tentang tradisi China, ternyata mereka sangat bertumpu pada kekuatan logika...Segala sesuatu dilihat dari causa-primum-nya.

Mungkin tradisi ini yang juga menjadi spirit kerja keras mereka.

dewi pras said...

diramal?
mau.. mau.. :D

Yusuf Alam Romadhon said...

Hidup Mas TRI PRESIDEN WARONG KOPI!!!
tapi jangan suka diramal lho mas... saya pernah ada pasien di Puskesmas.. dua hari tidak mo berobat padahal sakitnya udah berat... gara2 apa mas... karena dua hari itu menurut perhitungan PRIMBON adalah hari sial.. pasien datang ke PUSKESMAS udah tele tele... RAMALAN MENYESATKAN!!!

Anonymous said...

aku juga suka iseng baca ramalan. Kalo pas bagus: AMIINNNNN. Kalo pas jelek: amit-amit... amit-amit... :D

Cempluk Story said...

wah sama mau tuh diramal...^_^ mana kopi nya mas trie ??heheh..kayak nya mas trie lagi sibuk yah, met beraktivitas mas..tetep semamgat y

mel@ said...

ntar... ntar aku kirim ya tanggal lahir aku... kalo bagus banget kirim balik ke aku... kalo jelek... jadi konsumsi kamu aja... hehehe...

pyuriko said...

Emailnya mas Tri apa yaa???

tedyhouse said...

Saya setuju dengan horoskop bukan ramalan. tapi bagaimana caranya menemukan potensi diri kita yg kadang kita sendiri tidak mengetahuinya...apa ada saran..

Makasih

Tedy