headerversi2

Wednesday, January 10, 2007

kita susah kerjasama?

Ada fenomena menarik nih di Indonesia...
Benarkah budaya kita ini termasuk yang susah kerjasama?
Kalo bicara kerjasama, olahraga bisa nih dijadiin contoh...Coba kita bandingkan dua olahraga ini di Indonesia?
Olahraga di sebelah kiri adalah olahraga yang butuh kerjasama, ada guard, ada forward lan sapanunggalane (dsb). Masing-masing punya posisi sendiri, peran sendiri, sesekali saling berganti posisi. Walopun kadang dominasi pemain ada, tapi kalo maen ndiri-ndiri terus ya pasti timnya jadi memble...

Olahraga yang sebelah kanan termasuk olahraga individualistis...ga ada posisi-posisi-an .Pokoknya egois!

Nah di Indonesia mana yang "lebih bisa bicara" di pentas dunia? Jangankan di dunia, la wong di Asean aja kita krenggosan kok untuk basket...Nha kalo yang di sebelah kanan (tenis) kita punya nih ratu tenis Yayuk Basuki, ato Angelique Wijaya, dan beberapa lagi deh yang lumayan lah bisa sering manggung bareng bintang tenis dunia...Ga ngisin-isini istilahe...

Sekarang coba kita liat yang dua lagi ini... La kalo buat olahraga di sebelah kiri jelas kita butuh kerjasama abis! gimana engga, jelas ga mungkinpemain sayap larinya ke kiri terus, atau ke kanan terus ato penginnya nyerang aja, ga bertahan..Sekali lagi buat menang semua posisi penting dan saling bersinergi.

Kalo yang di sebelah kanan jelas olahraga individualis abis, soalnya kalo bareng-bareng ntar namanya pasti berubah bukan tinju lagi tapi jadi tawuran.

Gimana posisi olahraga ini di Endonesa (lafal kita..). Gimana mau berprestasi la pemain sepakbolanya aja padha gelut sendiri-sendiri (kemarin pemain PERSIS SOLO kelahi di tengah lapangan - sama apa ya?walaaah!), trus maen sepakbola gajah, kalo ga pemainnya yang ga kompak ya menejemen, induk organisasi ato sembarang-barang di Indonesia untuk olahraga yang satu ini emang "agak" ngisin-ngisini.

Beda kalo untuk tinju, coba kita liat gantengnya (Chris John ) bisa mengantarkan dia jadi juara dunia (liat tinju-tinjuan?), opo ga bikin mongkog ! (bangga..hehe..). Belum dulu jaman Elyas Pical, Pino Bahari. La mbah Marijan aja ngamini je (KUKU BIMA ROSO!...

Bandingin deh catur kita kenal Grand Master Catur kita Utut Adianto. Ga mainan lo prestasinya.., tapi liat kalo Voley? Taufik Hidayat di Bulutangkis? dan seterusnya...buanyak contoh lagi yang lainnya..!

Memang untuk yang serba individualistis, kontheng dan gembagusan sendiri, sepertinya Indonesia dah lumayan lah...tapi mbok ya dikit aja kita coba belajar untuk kerjasama. Bukannya kalo hasil kerjasama tuh pekerjaan menjadi lebih enteng, hasilnya lebih sipp!? Dan lagi kita dah biasa kan denger istilah Gotong Royong ?(seorang Gotong yang lain royong-royong--hehehe bukan gini!)

Rupanya kita memang harus belajar legowo, berbagi, percaya sama orang, ga egois! Ga ada manusia super, ga ada orang paling pinter, ga ada orang yang ahli disembarang bidang, karena itu manusia dibuat berlainan jenis, berlainan bakat dan keahlian, wajah yang berbeda-beda biar kita saling melengkapi dan memperindah dunia ini..ya nggak?

- menuju Indonesia yang lebih OPTIMIS! -


2 comments:

EnDah Rezeki said...

Tergantung yg diajak kerjasama siy

jonijontor said...

KALO kartu remi masuk olahraga ga mas? togel juga masuk dung. kok kita ga ada juararanya ya mas, sbagi blog juara bertahan saya patut bertanya.