headerversi2

Tuesday, January 23, 2007

stress bisa jadi obat sakit jiwa

Anda pernah STREZZ? Kalo saya sih akan jujur jawab jelas pernah! Iya, saya sering stress, kadang karena kerjaan numpuk, dedlen mepet, klien dah misuh-misuh minta cepet-cepet diberesin dan ga mungkin diundur, jadi STRESSS! Ato kadang juga karena sebab yang ga jelas, tiba-tiba jadi emosional, tiba-tiba males aja ngerjain apa-apa, bingung, useless, semangat serasa menghilang entah kemana, dan biasanya ke badan jadi ikutan loyo, kalopun harus ngelakuin kerjaan ya hanya karena terpaksa, sebuah kewajiban, ga ada jiwa yang ikutan.

Ternyata STREZZ adalah sebuah keniscayaan!
Gimana engga?

Kata pakar nih, manusia adalah MAKHLUK KEBIASAAN(makhluk Tuhan kaleee..hehe). Banyak hal yang kita lakukan berlangsung begitu saja tanpa kita terlalu banyak berpikir dan memusingkannya. Sepertinya ga pernah deh kita berpikir keras hanya untuk sekedar mandi, ato berfilsafat sebelum gosok gigi, ato bikin rumus matematika untuk menghitung gaya yang ditimbulkan saat kita naik metromini...hehe..Bahkan setelah kita dewasa, mungkin kita jadi terbiasa berangkat sekolah, berangkat kuliah, ato berangkat kerja, dsb

Nah ini menariknya, ternyata segala RUTINITAS (hal yang rutin=kebiasaan) yang kita lakukan apapun itu, apakah itu berangkat kerja, mengerjakan tugas, dsb tanpa kita sadari justru telah banyak membunuh ego positif kita. Sebuah Ego yang positif bagaimanapun adalah sebuah ENERGI. Energi inilah yang membangkitkan sisi kreativitas manusia. Percayalah pada dasarnya kita ini makhluk yang sangat cerdas, kita ini makhluk kreatif, makhluk yang diciptakan dengan berbagai sifat-sifat Ketuhanan, salah satunya yaitu To Create Something Ketika rutinitas terjadi, biasanya ego ini akan sembunyi, dia malu untuk menampakkan dirinya. Kita terbelenggu, kita tidak berkembang, tak ada lagi pencapaian, kita bahkan bermusuhan dengan akal kreatif kita, membunuhnya pelan-pelan, ujung-ujungnya adalah useless dan......STRESS tentunya.

Tapi ada satu hal lagi yang menarik, ternyata ego yang berlebihan juga bisa bikin stress!! Ego yang berlebihan ini biasanya maujud dalam bentuk keinginan dan mimpi. Tidak hanya Anda, saya ato siapapun, sebagai manusia punya buuuanyak sekali mimpi dan keinginan, bahkan itu terus berkembang seiring semakin bertambahnya pencapaian kita. Keinginan dan mimpi Presiden SBY tentu beda sama saya, tentu beda lagi sama anak SD. Stress beliau otomatis beda sama stress saya, kalo Presiden SBY saya yakin lagi mumet berat mengatasi berbagai masalah negeri ini, la kalo saya sih stressnya masih ecek-ecek, cere-mbete, ditolak wanita, ditinggal pacar, ga punya duit, dsb hahahaha. Buah ceri buah apel, sori ga lepel.

Padahal kalo kata Iwan Fals ”keinginan adalah sumber penderitaan”. Keinginan inilah sumber dari segala sumber Stressss! Ketika keinginan muncul, kita pengin itu semua cepat menjadi nyata, segera terlaksana, tetapi mekanisme kehidupan biasanya bilang lain. Kalo teryata kemampuan /ilmu untuk ngedapetinnya tidak ada, trus keinginan lagi tinggi-tingiinya, tapi kenyataan tak sejalan...inilah biang keladi makhluk bernama STRESS!!

Terlalu kreatif ternyata akan bunuh kita juga ya...

Trus gimana?
Ternyata masalahnya di ngatur ritme...Masing-masing orang punya ritme hidup sendiri, punya tingkat stress yang berbeda-beda. Obat yang cocok buat si ini belum tentu pas buat si itu. Sebenarnya ada bagusnya kalo kita banyak stress, bukankah justru dengan stress kita jadi lebih gampang mendeteksi sumber stress pada diri sendiri? Kita jadi semakin terlatih, dan semakin terbiasa nyari obat untuk jiwa. walopun akhirnya tetep stress juga tapi dengan penyikapan yang beda. Lebih asyik dan pasti bikin sehat jiwa kan?

Untuk mengatasi dua stress ini, kalo saya sendiri punya dua teman. Yang satu “teman tong sampah”, dan yang satu jenis “sparing partner”. Kalo saya lagi kreatif abisss maka saya akan cari seorang counter partner/sparing partner yang bisa mempertajam ide saya. Nha... kalo saya lagi stress ya saya cari TEMAN TONG SAMPAH, bukan untuk dimintai nasihat tapi sungguh cuma sekedar numpahin uneg-uneg, beban, dan segala tumpah ruah kemarahan dan emosi saya...walaaahhh.

Anda termasuk yang mana coba?

6 comments:

pyuriko said...

Iko kalo stress suka gatal2... :D
Nah, kalo sudah mulai stress,.. biasanya dicari jalan keluarnya,... apa yg menyebabkan timbulnya stress....

Hmm,... pilih dua2nya deh. Kan gak smua org terbebaskan dr masalah.

Manda La Mendol said...

stress??? ya ngopi aja Mas dan biar stressnya ilang tuh kopi dicampur Topi Miring..huahauhauauau!!!!

ratnaningsih said...

kasihan deh mas yang jadi tong sampah. bisa bisa penuh stresnya gak ilang malah nularin stress.heee.


tapi saya juga punya tong sampai yang setia sampai mati menampung sampah ku.
kalo sudah tumpah blek lega.....dunia terasa indah haa....haa...

Anonymous said...

Saya termasuk orang stress yang suka nambahin stressnya sendiri :-P
Soalnya kalo lagi stress saya biasanya makan, kalao kebanyakan makan saya jadi gemuk. Kalo sudah gemuk, saya setress lagi. Hehehehe...

Tapi biasanya makan, nonton, tidur dan main2 dengan anak2 cukup buat jadi obat buat saya :D

Alma said...

nah,kalo saya stress..pasti ngopi..kalo gak diem...denger lagu keras dan metal macam Linkin Park..hahaha....yah sudahlah...pokoknya tiap orang punya cara sendiri ngilangin stressnya masing2... pake cara terbaik aja..

Casino? Games said...

True idea