headerversi2

Saturday, January 13, 2007

ketika male imperium terusik??

bukan bermaksud nggosip, rumpi ato bikin ajang arisan (arena isu dan rerasan), tapi hanya sekedar seneng ngamati sebuah kelakuan manusia yang moga-moga bikin fresh untuk sedikit dianalisis..:)

Anda kenal wajah ini...?kayanya hampir seluruh orang Endonesa tau siapa wanita ini...seorang yang tiba-tiba aja menjadi seleb kelas dunia! (opo ga heibat?? penyanyi dangdut muncul di YOU TUBE je..ck ck..ck). Maria Eva seorang penyanyi dangdut dari Jawa Timur

anda juga kenal wajah ini?

nah ini juga seorang yang tiba-tiba juga mjd public focus. Ibu Sharmila yang sampe sekarang masih jadi ibu Yahya Zaini.

Tadinya saya juga ga terlalu kenal siapa wanita ini, tapi saya penasaran kok kayanya ibu ini heibat bener ya, cara ngomongnya di depan public bisa begitu tenang, nyantai, dan penuh ketulusan seolah dia bisa nge handle emosi (sesuatu yang sangat wajar dikedepankan oleh wanita) dengan begitu percaya dirinya. Padahal masalahnya jelas ga mainan, seluruh indonesia tau men! Saya angkat topi deh buat ibu satu ini...(eh tapi saya ga punya topi ding!...hehehe)

Ternyata penasaran saya sedikit terjawab setelah ngeliat acara Inspiring Women di Metro TV tgl 13 Januari 2007. Saya sekarang ga hanya angkat topi tapi sekarang mau ga mau harus angkat kaki ato angkat apa aja deh buat ibu satu ini. Seorang wanita yang sudah berjualan kue sejak kelas 4 SD, kemudian prestasinya terus melejit, hingga diterima di IPB melalui PMDK (pastinya pinter ibu ini!), kemudian setelah jadi Engsinyur, dia nglajutin sekolah di hukum ato bisnis (sori agak lupa:). Ga cukup hanya itu ternyata bu Sharmila yang cantik ini :) juga seorang pengusaha wanita yang cukup sukses!. Mau nambah lagi? dia seorang pembina koperasi, juga ketua pedagang-pedagang pasar se....walah! dan seterusnya kayanya kalo mo dilanjutin panjang bener…

Ibu Sharmila baru menginjak sekitar usia 35, pinter banget, prestasi segudang, CANTIK tentu saja, mungkin juga ibu yang baik (di TV dikatakan seorang yang seimbang hidupnya)...dan masih banyak lagi predikat yang disandangnya

Tapi, na ini masalahnya kenapa seorang yang se-perfect itu bisa di-SELINGKUH-I? Selingkuhannya juga siapa sih...!? Seorang yang lebih kaya raya? seorang yang lebih seksi, aduhai atopun semlohai? Ternyata ga juga, yang ada malah seorang penyanyi dangdut berwajah biasa, seleb ken-tang (kena tanggung), malah bisa dibilang ga banget deh (saya pernah denger suaranya dan jujur harus bilang nuwun sewu ya.. J)

Sekali lagi kenapa seorang yang se-perfect itu bisa di-SELINGKUH-I? ga masuk akal ya? Ternyata kondisi ini menjadi masuk akal kalo kita ngeliat dari sisi sifat dasar manusia secara lebih mendalam.

Kembali pada sebuah makhluk bernama EGO. Sifat dasar seorang lelaki dalm hal ini ego seorang lelaki adalah keinginannya untuk keliatan hebat, keliatan berkuasa, dan kalo bisa keliatan super di hadapan lawan jenisnya, dalam konteks suami istri ya berarti di depan istrinya. Seorang wanita naluri dasarnya adalah ingin dilindungi. Dia ingin dilindungi oleh orang yang tepat, orang yang hebat, dan bisa “dibangggakan”. Yang satu ingin berkuasa, yang satunya ingin dikuasai, yang satu lelaki yang satu wanita. Secara ekstrim seorang lelaki dengan ego yang wajar sebenarnya ingin seorang wanita yang “memasrahkan” hidupnya ato menggantungkan diri sepenuhnya pada lelaki tersebut. Dalam istilah Jawa, Suargo Nunut, Neroko Katut (Surga nebeng, Neraka ikut). Seorang suami (lelaki) yang bekerja keras banting tulang tunggang langgang pada dasarnya adalah hanya untuk menyenangkan istri dan keluarganya, dan seorang istri pastinya akan sangat senang ketika kebutuhannya material maupun imaterialnya terpenuhi, apalagi kalo suaminya bisa dibanggakan pasti lebih mongkog..Suamiku looo..! Nah inilah Male Imperium (MI)

Ketika MI ini sedikit terusik, maka seorang lelaki pastinya akan mencari sebuah penyaluran yang lain. Nah penyaluran inilah yang berbeda-beda untuk masing-masing orang, tinggal pilih disalurkan dengan cara yang benar ato yang ga benar..monggo terserah aja...Yang mo ngomentari ato ngasih saran secara agama monggo wong saya bukan ustad..:)

Bukan bermaksud ndukung YZ, tapi seorang YZ yang seorang ketua DPP dan bahkan calon menteri agama (?) tentu sangat punya sebuah ego yang tentunya sangat besar dan bahkan sangat ambisius. Dengan istri yang mempunyai segudang prestasi sepertinya sulit bagi dia untuk keliatan jumawa dan heibat segalanya di hadapan istrinya. MI nya justru lebih terfasilitasi saat dia bersama Maria Eva, yang wis pasrah bongkokan nderek sampeyan. Saya perlu duit nih untuk ini, saya perlu duit nih buat itu, mas YZ heibat lo udah jadi ketua DPP, dll. YZ pun termabuk mabuk manthuk manthuk sambil sedhakep. Iya, iya..ok..ok dan kisah itu pun terjadi……..

Tapi coba kita liat Marissa Haque dan Ikang Fawzi yang sama-sama berprestasi, Widyawati dan Sophan Sophian yang masih oke, BJ Habibie dan Ibu Ainun Habibie yang masing-masing juga tak kalah prestasinya, mereka-mereka masih akur tuh, dan sederet bintang lain yang kayanya asik juga dibahas di edisi selanjutnya…

14 comments:

Bude Judes said...

dia ngga diselingkuhi mas, tapi dikhianati. Bener ngga?

-ian- said...

wanita memang kadang menggoda dan kita tidak bisa menolak, hik2....

triyanti said...

Penilaiannya bagus :)Allah menciptakan manusia dengan sangat sempurna, semua alat dan skill yang dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup di kerasnya dunia. Semua manusia juga dilengkapi dengan yang namanya id, ego dan super ego, yang bisa mengukuhkan dirinya "baik" sebagai manusia sosial dan individu. Id yang melambangkan primitive desires atau hawa nafsu, sedangkan super-ego adalah internalisasi diri tentang nilai, norma susila yang kita anut , dan ego adalah kekuatan yang menghubungkan keduanya. Namun banyak orang yang kurang bisa ngendaliin primitive desire-nya, sehingga kadang harus berbohong, menipu, dll untuk memenuhi si hawa nafsu. Hal ini menunjukan penguasaan ego yang rendah, sehingga tidak bisa men-singkronkan antara kebutuhan dan nilai serta norma yang ada. Pengendalian ego yang kurang matang, membuat manusia kadang mengambil jalan pintas dalam mendapatkan kebutuhanya. Jadi seharusnyalah YZ dan kita semua dapat mengendalikan id, ego dan super ego dengan lebih baik :)

Maeasti said...

Male Imperium??

yahhh mnurutku....mungkin lebih tepatnya nobody's perfect kali yaa. Tiap orang bisa en pernah melakukan kesalahan terbesar dalam hidupnya....

Hanya kejernihan nurani n iman (dengan agama apapun) yang bisa membentengi :P

theeaz said...

kalo saya jd bu sharmila, saya minta cerai aja kali yee... toh saya dah lbh heibat dr suami. biarin ajalah suami mcm itu klo mo diambil ma cwe mcm ini ( adanya cuma ini ma itu ya ? ;p ). gelas yg dah retak apa bisa diperbaiki mulus spt semula ? mending saya ngurus anak2 sendiri dgn baik, ga makan ati. kan ga bisa garansi ga bakal selingkuh lagi to ? drpd makan ati, mending dilepeh dlu aja .. lagian, klo mo selingkuh mbok cari yg lbh hebat dikit knp ? cwe kdg suka bingung klo cwonya selingkuh ma cwe lain yg ga lbh hebat dr dia looh.. tp moga2 aja saya ga perlu jd bu sharmila2 lainnya yaaa...

Unknown said...

Namanya juga lagi pada puber ke dua (atau mungkin ke tiga) jadinya ya pegimana individu masing2 menghadapinya... kl saling menjaga komitmen mungkin bisa langgeng kali yee..

Anonymous said...

Male Imperium memang merupakan 'sesuatu' yang sangat eksklusif bagi kebanyakan pria. Tapi berdasarkan pengalaman saya (dlm pusat-curhat), seorang wanita yang hampir sempurna dan meletakkan harga diri sang suami di atas segala-galanya, ternyata bisa diselingkuhin juga lho. Karena ada beberapa laki-laki yang bisa berkata "untuk dijadikan istri, aku pilih wanita seperti itu. tapi untuk seneng-seneng aku pilih wanita spt dia". Makanya, banyak sekali laki-laki yang berselingkuh tapi kekeuh tidak mau menceraikan istri sahnya. :)

Anonymous said...

ternyata yang lebih mengezutkan, sebenarnya model2 wanita penghibur gini dah biasa di dpr, cuma kesalahan YZ, kalo yang lain pada jajan di tempat, dibayar terus dibuang, na kalo YZ, jajan, dibayar, trus dibungkus dibawa pulang..hehehe...kacauuu dunia persilatan nih...!

Anonymous said...

Pada dasarnya manusia itu berpotensi untuk jadi syaitan(mengingkari kebenaran), malaikat(suci,baca"merasa suci") dan binatang(tak berakal budi). Tapi manusia diperintahkan hanya untuk jadi manusia yang memang menyadari kelemahan yang membuatnya menjadi ketiga macam makhluk tersebut.
Ketika manusia mencoba menjadi makhluk lain, maka yang terjadi adalah ketidak seimbangan.
Pelajarannya adalah jadilah manusia yang sadar diri bahawa kita lemah dan rentan untuk terpeleset dan terjerumus. Seperti kata Ibnu Qayyim Al-Jauziah " Sedikit saja kita memberi peluang untuk terjerumus, maka syaitan tidak akan menyia-yiakannya untuk menggoda manusia".
Berlindunglah kepada Allah yang menggenggam jiwa manusia, semoga kita tidak terjerumus.
Semoga kita termasuk orang yang bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian....

mel@ said...

yz salah si... harusnya selingkuhannya sama artis ngetop... jadi ga bakal dibocorin tuh videonya... kan sama-sama takut jatuh ngetopnya... hehehe...

Anonymous said...

Padahal si Ibu itu udh luar biasa hebatnya yaaa,...

Mungkin ini cobaan buat keluarganya.

Anonymous said...

Mungkin ini termasuk cobaan utk keluarganya...

Agung del Paijo said...

Mungkin aja YZ agak bosan makan daging dan pingin mencicipi Ikan Asin...Cuman salahnya koq dia Telan juga durinya....Yo nyangkut lah....

Anonymous said...

makanya Tuhan memberikan solusi bagi mereka yang tidak bisa mengendalikan segala nafsu, diperbolehkan poligami dengan segala konsekwensinya (tanggung jawab dunia akherat). Dan makanya, pahala bagi istri yang mau berkorban demi itu (merelakan berbagi suami), dan Tuhanpun memberikan solusi bagi yang tidak kuat menerimanya untuk menghalalkan perceraian. Qua vadis .